26 April 2024 - 01:48 1:48

Ombudsman Nilai JLNT untuk Road Bike Tak Punya Landasan Hukum

WartaPenNews, Jakarta – Ketua Ombudsman Jakarta Teguh P. Nugroho menilai kebijakan penetapan jalur sepeda di sebuah kawasan seperti penetapan Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang sebagai Kawasan Sepeda Road Bike di hari Sabtu dan Minggu tidak punya dasar hukum atau regulasi.

“Penetapan Kawasan JNLT sebagai kawasan khusus pesepeda Road Bike tidak memiliki legalitas yang memadai, berbeda dengan penetapan jalur sepeda saja yang diatur di dalam Permenhub tersebut,” kata Teguh dalam keterangannya, Jumat (18/6/2021).

Dia berpendapat tidak bisa Pemprov DKI serta merta menyetujui permintaan agar JNLT dijadikan kawasan bersepeda Road Bike seperti halnya jalan tol yang hanya untuk kendaraan roda empat.

Selain ketiadaan regulasi, kebijakan penetapan JNLT sebagai Kawasan Road Bike juga menimbulkan diskriminasi layanan. “Kenapa hanya Road Bike yang boleh melintas di (hari) Sabtu Minggu jika standar keselamatan jalan tersebut dari aspekcross wind hanya aman dilintasi oleh kendaraan roda empat?” tanya Teguh.

Sementara jikaRoad Bike dianggap aman melintas ke JNLT sejauh tidak adamix traffic, kenapa road Bike yang diizinkan bukan kendaraan roda empat saja atau kendaraan bermotor roda dua saja? Jika Road Bike dianggap aman memasuki JNLT sejauh tidak mix traffic, maka sepeda motor juga bisa dianggap aman melintas sejauh tidak adamix traffic.

“Jangan sampai para pengguna kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua merasa didiskriminasikan, terlebih mereka melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor setiap tahun dibandingkan dengan pengguna Road Bike yang membayar pajak saat pembelian,” lanjutnya lagi.

Pemprov DKI Jakarta hanya berwenang menetapkan Lajur Sepeda, tidak untuk Kawasan Sepeda di lajur umum. Jika itu dilakukan, terdapat potensi Maladministrasi berupa melampaui kewenangan.

“Daripada menetapkan Kawasan JNLT Casablanca sebagai Kawasan Road Bike, lebih baik Pemprov DKI lebih fokus pada perluasan jalur sepeda dan penyediaan fasilitas parkir sepeda di kawasan perkantoran dan tempat pelayanan publik lainnya di Jakarta,” pungkas Teguh. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03