1 May 2024 - 04:10 4:10

Ondel-ondel yang Ngamen di Jalan Bisa Masuk Bui

WartaPenaNews, Jakarta – DPRD DKI Jakarta berencana mengajukan revisi peraturan daerah (Perda) mengenai kebudayaan ondel-ondel ke Pemprov DKI khususnya Disparbud DKI Jakarta. Perihal revisi itu, agar ondel-ondel tak diperbolehkan untuk mengamen di jalanan.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria. Hal ini dilakukan, agar tak ada yang salah memamfaatkan kesenian budaya Betawi itu dengan mengamen di jalan.

“Sekarang kan kita miris, kita lihat dipinggir jalan ondel yang jadi icon yang megah di taro di ruang rapat paripurna tiba-tiba dibawa ke jalanan untuk mengemis,” kata Iman, Senin (4/2/2020).

“Kita kan sudah punya perdanya disitu dimasukkan salah satu klausul bahwa ondel-ondel tidak boleh dipakai untuk ajang ngamen,” lanjut dia.

Baca Juga: Nikita Mirzani Malah Kebanjiran Job Usai Ditahan selama 3 H

Menurut dia, sebelum revisi disahkan, Pemprov DKI harus melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat. Pasalnya, bila ada oknum yang memanfaatkan ondel-ondel untuk mengamen bakal dikenakan sanksi tegas, yaitu kurungan penjara. Dipastikan revisi Perda ondel-ondel bakal rampung pada tahun 2020 ini.

“Akan dikenakan sanksi, contoh pemberitahuan dulu. Lalu bagi tempat yang menyewakan itu tidak boleh lagi, bisa sanksi kurungan atau apa gitu. Ini baru wacana, kita kan baru sosialisasi kemaren. Insyaallah tahun ini mungkin bisa,” tutupnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
30 April 2024 - 12:16
Pasokan Senjata Terlambat, Zelensky Tuduh Rusia Manfaatkan Kesempatan Serang Ukraina

WARTAPENANEWS.COM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia memanfaatkan lambatnya pengiriman senjata dari Barat untuk melakukan serangan. Komentarnya muncul setelah AS menyetujui paket bantuan militer senilai USD61 miliar untuk Ukraina.

01
|
30 April 2024 - 11:12
Terlibat Perkelahian, Polisi Korsel Tangkap Satu Orang WNI

WARTAPENANEWS.COM – Kemlu RI mengatakan, polisi di Korea Selatan (Korsel) menahan satu orang yang terlibat perkelahian maut. Kejadian itu menewaskan seorang WNI. "Pihak Kepolisian setempat telah menahan 1 WNI terduga

02
|
30 April 2024 - 10:14
Peredaran 40 Kg Sabu dan 20 Ribu Ekstasi Berhasil Digagalkan

WARTAPENANEWS.COM –  Satresnarkoba Polrestabes Surabaya membongkar peredaran narkoba jenis sabu dan ekstasi. Total barang bukti yang diamankan adalah 40 kilogram (kg) sabu dan 26.019 butir pil ekstasi. Pengungkapan jaringan narkoba

03