6 May 2024 - 20:51 20:51

Online Scholarship Competition Apresiasi Bagi Pelajar Indonesia Berprestasi

WartaPenaNews, Jakarta – Untuk mendukung program pemerintah menuju Indonesia unggul, dibutuhkan akses pendidikan yang merata bagi seluruh putra-putri Indonesia.

Namun faktanya, biaya pendidikan terbilang mahal, karena senantiasa mengikuti inflasi yang terus mengalami kenaikan setiap tahun. Dampaknya, banyak tunas-tunas bangsa berprestasi terpuruk tanpa sempat mengenyam pendidikan yang layak.

Beasiswa Pelajar Marginal Berprestasi

Untuk itu, Medcom.id secara konsisten turut serta mendorong pemerataan pendidikan hingga tingkat Universitas dengan program Online Scholarship Competition (OSC).

OSC merupakan kompetisi berbasis online pertama di Indonesia, yang berhadiah beasiswa S1. Di tahun 2019 OSC telah memasuki tahun ke 5, yang berkontribusi untuk memberikan kesempatan buat tunas-tunas terbaik Indonesia. Program ini didukung pula oleh Kemenristekdikti dan Kemendikbud Republik Indonesia.

Di tahun 2019, OSC bekerjasama dengan 21 PTS Jawa, Sulawesi, dan Bali dengan menyediakan 420 beasiswa bagi pelajar yang ingin melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Beasiswa online pertama ini hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra-putri terbaik Indonesia, agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1, melalui beasiswa yang diberikan perguruan tinggi swasta di Indonesia, yang bekerja sama dengan OSC.

Peserta dapat mendaftar langsung, kemudian setelah lolos verifikasi dapat mengikuti tes tahap awal secara online dari kota asal, jadi tidak perlu datang ke Universitas yang dipilih. Sudah tentu cara ini dinilai praktis, tanpa biaya. OSC mempersingkat serta mempermudah keseluruhan proses.

Penerima beasiswa berhak atas biaya kuliah berupa uang pangkal, uang pembangunan, hingga SPP. Mulai tahun 2019, mahasiswa tamatan OSC juga mendapatkan bantuan biaya pendidikan.

Sebanyak 30 mahasiswa terpilih telah mendapatkan bantuan berupa dana pendidikan yang diberikan setiap bulan.

Para penerima bantuan pendidikan berasal dari kaum marginal berprestasi, beberapa diantaranya mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) hingga 4.00. Ada yang berdomisili di Papua, Wakatobi, dan Tarakan.

Gerakan Untuk Indonesia Unggul.

CEO Medcom.id, Mirdal Akib menyampaikan,” ini menjadi embrio positif yang mengundang seluruh elemen bangsa bergabung bersama kami. Kami ingin ini menjadi sebuah gerakan, dan bukan monopoli Media Group/Medcom.id, ujarnya.

Rencana ke depan OSC Medcom.id tengah merencanakan untuk memperluas kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri seperti Malaysia, Thailand, dan Timor Leste.

Bagi calon peserta, OSC Medcom.id 2019 telah resmi dibuka, calon peserta bisa mendaftar melalui laman osc.medcom.id. (Bud)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03