20 April 2024 - 09:51 9:51

Pakai Lensa Kontak saat Mandi Pria Asal Inggris Alami Kebutaan

WartaPenaNews, Jakarta – Pemanfaatan lensa kontak memang memudahkan dalam menopang pandangan. Gak itu saja, menggunakan lensa kontak bisa pula menyempurnakan penampilan. Akan tetapi hal ini dapat jadi beresiko saat lupa untuk melepasnya saat tidur dan saat mandi. Perihal ini pula yang terjadi pada seorang pria bernama Nick Humphreys.

Dia mulai memanfaatkan lensa kontak untuk menambah penglihatannya saat main sepakbola. Namun lensa kontak itu akhirnya membuat buta di satu mata saat dia menggunakannya saat mandi. Ini menyebabkan timbulnya Acanthamoeba keratitis (AK)- infeksi parasit langka di kornea kanannya.

“Saat pagi hari aku bangun, pasang lensa aku dan pergi ke gym sebelum kerja. Aku mandi sebelum ke arah ke kantor. Aku tidak memikirkannya saat itu. Aku tidak sempat diberitahu untuk tidak memanfaatkan lensa kontak di kamar mandi, tidak ada peringatan pada paket dan ahli kacamata aku tidak sempat mengatakan risikonya,” kata Nick seperti dilansir Metro.co.uk

Nick cuma mengetahui ada suatu hal yang salah pada Januari 2018, saat ia melihat guratan di mata kanannya. Dalam hari selanjutnya dia tidak bisa melihat dengan sempurna.

Dia menduga ia telah menggaruk matanya dengan masukkan lensa, tetapi seiring bersamanya waktu, setelah beberapa minggu, kerusakan matanya justru makin serius.

Saat itu tidak tambah baik, ia pergi menjumpai ahli kacamata, yang mengatakan ia memiliki bisul di matanya dan merekomendasikan untuk segera pergi ke Rumah Sakit Royal Shrewsbury.

Nick setelah itu di-test untuk Acanthamoeba keratitis (AK) atau infeksi kornea yang dipicu oleh organisme mikroskopis bernama Acanthamoeba. Satu minggu setelah itu, dokter memberitahu Nick jika dinyatakan positif menyandang AK, dan bikin matanya buta.

Jadi informasi, Acanthamoeba ialah nama organisme kecil dengan cuma satu sel. Keratitis ialah nama untuk peradangan pada kornea. Acanthamoeba biasanya ditemukan di tanah dan di air, umpamanya di air keran panas dan dingin, kolam renang, bak air panas dan air laut.

Di Inggris, kebanyakan orang yang menderita keratitis Acanthamoeba memanfaatkan lensa kontak. Kurang lebih 1 dari 30.000 pengguna lensa kontak terinfeksi karena menggunakan air keran untuk bersihkan atau menaruh lensa kontak atau memiliki kebersihan lensa kontak yang jelek menambah kemungkinan infeksi.

Mengenakan lensa kontak saat berenang atau mandi menambah kemungkinan. Begitupun masukkan lensa dengan tangan basah dari air keran. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03