7 May 2024 - 08:09 8:09

Pakai Masker Efektif untuk Pencegahan COVID-19

WartaPenaNews, Jakarta – Masker terbukti sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penularan COVID-19. Menyadari akan hal tersebut, para relawan yang tergabung dalam Gerakan Memakai Masker Gratis (GEMAS) membagikan 50 ribu masker.

Kali ini GEMAS menyerahkan bantuan tersebut kepada POLRI. Adalah Wakapolri, Komjen. Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si. yang mewakili penerimaan tersebut.

“Terima kasih untuk rekan-rekan di POLRI yang turut berperan aktif dalam penanganan COVID-19 ini. Kami percaya bahwa Covid-19 ini tidak bisa diatasi hanya seorang diri, namun harus saling berkolaborasi antara masyarakat, dan pemerintah. Terutama POLRI yang turut ikut kelapangan,” kata Wanda Ponika dari GEMAS.

Gatot pun berterimakasih kepada para relawan. Ia mengatakan, polisi tidak bisa bekerja sendiri untuk menghadapi pandemi. Untuk itu, kegiatan relawan yang positif seperti ini sangat diapresiasi oleh kepolisian.

“Karena ini merupakan tantangan kita bersama. Kami tidak bisa bekerja sendiri, tapi juga mengajak seluruh masyarakat. Yang terpenting, mari kita fokus memutus mata rantai covid-19 ini bersama,” kata Gatot.

Hal itu selaras dengan pesan #satgascovid19 untuk melakukan 3 M: Mencuci tangan #cucitangan, menjaga jarak #jagajarak, dan memakai masker #pakaimasker. Gatot menyuarakan hal yang senada sebagai kunci menghadapi pandemi.

“Masyarakat harus waspada bahwa virus ini memang benar adanya dan bisa menyerang siapa saja. Untuk itu, mulai dari lingkungan terdekat kita, patuhilah protokol kesehatan yang ada yakni memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan juga menghindari kerumunan,” kata Gatot.

Hingga saat ini masker kain GEMAS telah dibagikan langsung oleh relawan di lapangan, dan berbagai NGO, TNI AD, Komunitas diantara lain Anak Indonesia Bersatu, Dompet Dhuafa, Kodim Jakarta Barat, GMI Jakarta, Komunitas Slankers, Asensi, Komunitas Spedox Surabaya, Korlantas Polri, Polda Metro Jaya, Kerabat KOTAK Indonesia, Bali Beachwalk, fX Sudirman, Park23, Plaza Indonesia, Pemprov Jawa Timur, Pemprov Banten dan masih banyak lainnya.

Total Masker yang telah didistribusikan lebih dari 3.5 juta ke seluruh Indonesia menggunakan Ekspedisi SiCepat Ekspres secara gratis. Masker merah putih dari GEMAS ini dipakai oleh banyak artis Tanah Air antara lain, Raffi Ahmad, Maia Estianty, Cinta Laura, Baim Wong, Ari Lasso, Prilly Latuconsina; dan Kaesang Pangarep. Para influencer ikut mengkampanyekan pentingnya memakai masker kain terutama disaat pandemi COVID-19.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03