29 March 2024 - 21:02 21:02

Pakar: Penyebab Kualitas Udara Jakarta dan Sekitar Buruk Tak Bisa Ditebak

wartapenanews.com – Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Tjandra Yoga Aditama menilai penyebab tingginya polusi di Jakarta dan sekitarnya tidak bisa ditebak dan harus diteliti secara ilmiah.

“Itu enggak bisa ditebak. Itu dinilai saja secara ilmiah apa kira-kira penyebab angkanya lebih tinggi,” kata Prof. Tjandra pada Sabtu (03/06/2023).

Masih menurut Tjandra Yoga, untuk mengetahui sumber asal tingkat polusi berasal, pemerintah biasanya sudah memberikan data-data mengenai jumlah polusi yang dihasilkan dari industri hingga kendaraan bermotor.

“Saya kira Pemerintah DKI Jakarta pernah melaporkan apakah di Jakarta ini seberapa persen karena kendaraan bermotor, berapa persen karena industri,” jelas Tjandra

Lebih lanjut, Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI itu juga mengatakan polusi dapat terbagi menjadi tiga, yaitu Nitrogen Dioksida (NO2), Sulfur Dioksida (SO2) dan ozon (O3).

“Nah mungkin ketiga itu sumbernya mana yang paling tinggi dan sumbernya di industri yang mana, entah industri, kendaraan, bakar lahan saya nggak tahu sih mesti di cek satu satu,” tambah Tjandra.

Menurutnya, jika tidak bisa dilihat berdasarkan jenis polusinya, bisa juga dilakukan dengan mengelompokkan ukuran partikel atau Particulate Matter (PM) yang berukuran kurang dari 2,5 dan yang lebih besar dari 2,5.

“Kalau tidak bisa dicek, paling tidak dinilai mana partikel mikro kurang dari 2,5, mana yang lebih besar dari 2,5,” paparnya.

Melansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Particulate Matter (PM) 2.5 adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari atau sama dengan 2.5 µm (mikrometer). PM2,5 diketahui dapat menyebabkan kanker paru-paru, infeksi saluran pernapasan hingga Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03