16 April 2024 - 19:15 19:15

Panwas MA: Tak Ada Toleransi Bagi Hakim yang Langgar Aturan

WartaPenaNews, Jakarta - Ketua Pengawas Mahkamah Agung (MA) Dr. H. Andi Samsan Nganro mengatakan, akan bersikap tegas jika ditemukan adanya hakim melanggar kode etik dan kehormatan.

“Kita akan bersikap tegas. Tidak ada lagi toleransi,” kata Andi Samsan usai dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Ketua Pengawas MA di Gedung MA Jakarta, Jumat (21/2/2020). Posisi baru Andi Samsan ini menggantikan Dr. Sunarto yang telah diangkat menjadi Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial pada 23 Mei 2018 lalu.

Menurut Andi Samsan, dirinya akan meningkatkan sistem pengawasan terhadap aparat peradilan, khususnya terhadap para hakim. Pengawasan itu akan dilakukan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang selama ini sudah dianut oleh MA.

“Saya akan tetap berpegang pada pedoman dan aturan yang sudah ada,” ujar Juru Bicara MA ini tanpa merinci bentuk pengawasan yang akan dilakukannya.

Andi Samsan mengaku selama ini pihaknya tidak alergi terhadap pengawasan yang dilakukan oleh Komisi Yudisial (KY). Karena menurutnya, masing-masing lembaga memiliki aturan dan kewenangannya masing-masing. Selain itu, antara MA dan KY sudah memiliki aturan bersama guna menegakan kehormatan dan harkat martabat para hakim.

Baca Juga: Virus Corona COVID-19 Ternyata Lebih Menular Dibanding SARS

“Selama ini sudah ada mekanisme dan sistem yang sudah berjalan. Secara internal (MA) ada Bawas (Badan Pengawasan-red). Eksternal ada KY. Ditambah sudah ada aturan bersama antara MA dan KY,” kata Andi Samsan yang juga menjabat sebagai Hakim Agung ini.

Mantan Ketua Pengadilah Jakarta Selatan ini juga akan melayani laporan yang masuk dan akan diproses sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Meski diakui, pihaknya tak bisa sekaligus menindaklanjuti seluruh laporan tersebut.

“Lembaga peradilan tersebar hingga ke pelosok tanah air. Kita tidak bisa dilaksanakan secara sekaligus. Tapi secara bertahap,” pungkasnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
16 April 2024 - 13:43
Terbang ke Uganda, Ivan Gunawan Resmikan Pembangunan Masjidnya

WARTAPENANEWS.COM - Ivan Gunawan dalam waktu dekat ini. akan terbang ke Uganda. Kepergiannya ke Uganda sendiri diketahui untuk meresmikan Masjid yang telah dibangunnya. Pria akrab disapa Igun menerangkan kalau ia

01
|
16 April 2024 - 12:13
Sopir Taksi Online Tewas Dihujani Tusukan oleh Begal

WARTAPENANEWS.COM - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung berhasil mengamankan pelaku pembegalan yang terjadi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada Minggu 14 April 2024 lalu. Korban pembegalan tersebut merupakan seorang sopir online,

02
|
16 April 2024 - 11:13
Ganjar akan Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

WARTAPENANEWS.COM -  Mahkamah Konstitusi (MK) akan segera membacakan hasil putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres pada 22 April 2024 mendatang. Calon Presiden (Capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo

03