7 Februari 2023 - 08:22 8:22

Pascateror, Selandia Baru Gelar Operasi Intelijen Besar-besaran

WartaPenaNews, Jakarta – Pemerintah Selandia Baru memutuskan menggelar operasi intelijen besar-besaran, selepas aksi teror penembakan di dua masjid di Kota Christchurch.

“Saya telah memberikan wewenang kepada seluruh lembaga terkait untuk menggelar aktivitas mata-mata yang agaknya berlandaskan surat perintah, menyetujui surat perintahnya tidak bisa saya sampaikan,” kata Menteri Bidang Intelijen Selandia Baru, Andrew Little, dalam wawancara dengan Radio Selandia Baru, Rabu (27/3).

Menurut Little, dua badan intelijen Selandia Baru, yaitu GCSB dan SIS selama ini hanya membahas sekitar 30 hingga 40 orang yang terlibat dalam gerakan sayap kanan dan supremasi kulit putih.

Akan tetapi, jumlah orang yang diawali karena dipindahkan gerakan sayap kanan di Selandia Baru akan bertambah. Menurutnya, mereka akan melakukan setiap kegiatan dengan cara membuntuti dan menyadap arus komunikasi orang-orang itu.

“Seluruh aktivitas pemulihan ini dapat dibilang diselesaikan. Tugas surat perintah untuk membuat kegiatan mata-mata yang selama ini disetujui atas dasar hukum tidak menyalahi aturan,” ujar Little.

Sedikit menyangkal, aparat keamanan Selandia Baru gagal mencegah teror dan terlampau menganggap enteng pencegahan penembakan yang dilakukan, Brenton Tarrant, warga negara Australia.

“Sampai ada evaluasi tentang peran dan kecerdasan kecerdasan, saya tidak bisa menyatakan hal itu,” kata Little.

Aksi teror Tarrant dilakukan pada 15 Maret 2019 di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood. Dia menggunakan senapan serbu AR-15 dan senapan dalam aksinya, dan sudah siap beberapa senjata lain. Polisi menyatakan, benar-benar Tarrant mencoba melakukan aksinya di tiga masjid, tetapi berhasil mencegah aparat. (*/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

01
|
6 Februari 2023 - 11:08
Ecky Kuras Harta Senilai 1,1 Miliar, Usai Bunuh dan Mutilasi Angela

wartapenanews.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkapkan tersangka M Ecky Listiantho (34) atau MEL menguras harta korban usai melakukan pembunuhan terhadap Angela Hindriati (54) atau AHW

02
|
6 Februari 2023 - 10:11
Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com -  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika

03