28 March 2024 - 17:15 17:15

Pecat Dirut Garuda, Langkah Erick Tohir Patut Diacungi Jempol

Jakarta, WartaPenaNews – Presiden Aceh Business Club (ABC), Sabri Aly mengapresiasi langkah Menteri BUMN Erick Tohir yang memecat Dirut Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Askhara usai temuan penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton miliknya.

Menurut Presiden Aceh Business Club (ABC), Sabri Aly, keputusan yang diambil Erick ini telah mewakili aspirasi rakyat.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Pak Menteri yang mendengar suara rakyat. Beliau cepat tanggap dan mengambil langkah cepat dengan mencopot dirut Garuda,” kata Sabri Aly kepada wartawan, Kamis sore (5/12/2019).

Menurutnya, pencopotan Ari Askhara tersebut mengakhiri polemik yang belakangan mendera Garuda Indonesia.

“Pengurus BMUN yang bermasalah harus dicopot, dunia usaha harus clear dari masalah-masalah kriminal seperti itu,” tutupnya.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir memencat Dirut Garuda I Gusti Askhara dari jabatannya terkait kasus penyelundupan Harley Davidson dan dua sepeda Brompton.

“Saya sebagai menteri BUMN akan memberhentikan dirut Garuda. Tidak hanya di situ saja kita akan terus melihat oknum- oknum lain yang akan tersangkut dalam kasus ini,” kata Erick yang disampaikannya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Erick menyatakan dari hasil audit diketahui pemilik Harley Davidson dan sepeda Brompton yang diangkut menggunakan pesawat Garuda A330-900 adalah direksi Garuda berinisial AA.

Erick menyatakan penyelundupan tersebut sudah menyangkut good coorporate governance yang dilanggar. Pelanggaran ini terungkap atas laporan dari penyelidikan yang dilakukan oleh Bea Cukai dan komite audit.

Menurutnya, Harley Davidson merupakan pesanan Ari melalui pegawainya dengan memberikan instruksi pada 2018 untuk mencarikan motor klasik tahun 70 Harley Davidson tipe Shovelhead yang termasuk motor klasik.

Proses pembelian dilakukan pada April 2019 melalui proses transfer dari Jakarta ke rekening pribadi manaje keuangan Garuda di Amsterdam. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03