23 June 2024 - 14:31 14:31

Pegadaian Gandeng Plastik Daur Ulang 1 Ton Sampah Plastik

Pegadaian Gandeng Plastik Daur Ulang 1 Ton Sampah Plastik

wartapenanews.com –  PT Pegadaian bersama bank sampah Kitiran Emas binaannya di Solo menyerahkan 1 ton sampah plastik untuk diolah kembali menjadi benda yang mempunyai nilai guna. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Konser Lokananta 2023 yang digelar di Solo, 3-4 Juni 2023.

Bagaimana tidak, dengan melibatkan puluhan Milenial BUMN termasuk Milenial Pegadaian yang juga berkolaborasi dengan startup Plustik, tim bersih-bersih berhasil mengumpulkan hingga 1 Ton sampah. Sampah tersebut, kemudian diserahkan secara simbolis oleh tim Plustik kepada Pegadaian Area Surakarta, untuk dikelola oleh Bank Sampah Kitiran Emas Binaan Pegadaian di Kota Solo.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Plustik dan para Milenial BUMN yang telah bekerja keras menjadi relawan untuk mengumpulkan sampah di area Konser Lokananta 2023 selama 2 (dua) hari ini. Pasalnya gerakan seperti ini menjadi penting karena dapat memotivasi anak-anak muda untuk mulai peduli terhadap lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan,” jelas Suwarno.

Sementara itu, Founder Startup Plustik Reza Hasfinanda mengaku sangat senang bisa berkolaborasi dengan BUMN untuk melakukan gerakan bersih-bersih sampah. Reza berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung agar masyarakat semakin aware terhadap lingkungan khususnya pada pengelolaan sampah seperti sampah plastik rendah nilai.

“Alhamdulillah kegiatan bersih-bersih sampah di Solo berjalan lancar. semoga apa yang kita lakukan selama 2 hari ini dapat memberi contoh yang baik untuk masyarakat. Kami juga berharap sampah high value yang telah berhasil dikumpulkan dan berikan kepada bank sampah Pegadaian bisa dimanfaatkan untuk menjadi sesuai hal yang bernilai,” ujar Reza.

Sebagai bentuk apresiasi kepada 5 orang penonton konser yang ikut berpartisipasi untuk mengumpulkan sampah terbanyak di area konser, Pegadaian juga memberikan hadiah berupa Tabungan Emas masing-masing sebesar Rp 250 ribu.

Sebelumnya Kementerian BUMN juga melakukan aksi serupa dengan melibatkan para Milenial BUMN yang digelar di Labuan Bajo, untuk memicu kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan. Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, hal ini sejalan dengan komitmen BUMN untuk mengedepankan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) dalam memberikan manfaat nyata bagi lingkungan. (Azk)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
23 June 2024 - 09:25
Sharp Semarakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 Hadirkan Promo Menarik

WARTAPENANEWS.COM – Sharp kembali ramaikan Jakarta Fair Kemayoran 2024 yang akan berlangsung selama satu bulan penuh dari tanggal 12 Juni – 14 Juli 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Menempati area

01
|
22 June 2024 - 12:05
Kominfo Belum Bisa Pulihkan Usai 55 Jam Server PDN Eror

WARTAPENANEWS.COM –  Server Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo masih mengalami gangguan hingga Sabtu (22/6) pukul 11.00 WIB. Gangguan server ini pertama kali diketahui pada Kamis (20/6) pukul 04.00 WIB yang

02
|
22 June 2024 - 11:16
Usai Pandemi, Bisnis Sepeda Lesu hingga Banting Harga

WARTAPENANEWS.COM – Bisnis sepeda usai era pandemi Covid-19 kini lesu. Seperti dialami toko-toko sepeda di berbagai penjuru AS yang menghadapi kesulitan setelah penjualan yang marak pada awal pandemi lalu. Menurut

03