29 March 2024 - 21:34 21:34

Pelaku Curanmor di Yogya dan Jateng Sudah Beraksi 50 Kali Akhirnya Berhasil Dibekuk

WartaPenaNews, Jakarta – Petugas Satuan Reserse dan Kriminal Polres Sleman, membekuk dua pelaku pencurian kendaraan bermotor atau curanmor yang kerap beraksi di wilayah Sleman. Kedua pelaku ini spesialis curanmor di rumah kosong.

Dua pelaku ini telah beroperasi sebanyak 50 kali membobol rumah kosong dan mengambil motor yang terparkir di garasi. Keduanya menyasar wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kasat Reskrim Polres Sleman, AKP Rudy Prabowo menerangkan, dua pelaku berinisial S dan R. Rudy menyebut S dibekuk di Jalan Magelang, sedangkan R ditangkap di Wonosobo, Jawa Tengah. S sempat dihadiahi timah panas, karena berusaha melawan petugas saat ditangkap.

Rudy menjabarkan, keduanya dibekuk karena membobol sebuah rumah di daerah Tempel, Sleman. Keduanya pun membawa sepeda motor yang terparkir.

“Sasaran yang dituju sepeda motor dengan kunci T. Saat beraksi keduanya hanya membutuhkan waktu menitan. Masuk rumah lima menit, ambil motor lima menit. Keluar lima menit,” tegas Rudy di Mapolres Sleman, Senin (20/1/2020).

Rudy menjelaskan, kedua pelaku membobol rumah dengan sasaran acak. Sebelum beraksi, keduanya berkeliling dan mencari rumah yang ditinggal pergi pemiliknya.

Biasanya, sambung Rudy, keduanya mengincar rumah yang lampu depannya menyala pada siang hari. Keduanya menandai, jika itu adalah rumah kosong dan sedang ditinggal penghuninya.

“Dari pendalaman diketahui pelaku S ini telah beraksi sebanyak 50 kali. Wilayah pencuriannya di DIY dan Jawa Tengah. S juga merupakan residivis kasus pencurian sapi. Selain itu, juga residivis kasus curanmor di Magelang dan Banjarnegara,” tegas Rudy.

Rudy menambahkan, motor hasil curian ini dijual S dan R dengan harga murah. Satu unit motor dijual Rp1 juta hingga Rp1,5 juta tergantung kondisinya. “Kedua pelaku terancam pasal 363 KUHP. Ancaman lima tahun kurungan penjara,” tambahnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03