29 Januari 2023 - 06:14 6:14
728x90

Pelariannya Berakhir, Komandan ISIS Diciduk di Irak

WartaPenaNews, Jakarta – Setelah melarikan diri ke Irak dari Suriah, Komandan ISIS yang dikenal sebagai Pangeran Pertempuran ditangkap di Mosul barat, Minggu (24/2) lalu.

Dia terlibat dalam beberapa perkelahian melawan pasukan keamanan di provinsi Anbar, yang duduk di sepanjang perbatasan dengan Suriah, lapor kantor berita Alghad Press Irak.

Menurut Daily Mail, Mosul menjadi benteng bagi ISIS setelah kelompok teror itu menangkapnya pada 2014 dalam serangan yang mengumumkan kelompok itu kepada dunia sebagai ancaman keamanan utama.

Dari menara Masjid Agung Mosul al-Nuri inilah Abu Bakar al-Baghdadi memproklamasikan ‘kekhalifahan’ ISIS sebelum kota itu direbut kembali pada tahun 2017, meskipun tidak sebelum kelompok teror menghancurkan masjid.

Namun, dengan kondisi kekhalifahan yang saat ini di ambang kehancuran, banyak pejuang ISIS melarikan diri kembali ke Irak dengan harapan memerangi perang gerilya melawan pemerintah.

“Pangeran pertempuran yang disebut Negara Islam itu ditangkap di distrik Rabia, sebelah barat Mosul. Dia baru saja kembali dari Suriah, tempat dia melarikan diri setelah pembebasan wilayah Irak dari kelompok teroris,” kata Direktorat Intelijen Militer Irak.

Pihak Intelijen Irak menjelaskan, pada puncak kekuatannya, ISIS mengendalikan wilayah yang meliputi sebagian besar Irak utara yang membentang ke pinggiran Baghadad, menyeberang ke Aleppo di Suriah.

Tetapi, serangan oleh pasukan koalisi yang didukung Amerika, termasuk Kurdi, dan pasukan pemerintah yang didukung Rusia, termasuk Iran, telah mendorong kelompok itu kembali.

“Sekarang telah kehilangan 99 persen wilayah yang pernah dikontrolnya dan sedang mengadakan perlawanan terakhir di dekat Baghouz, di Suriah. Setiap hari, ratusan pejuang, keluarga mereka dan warga sipil melarikan diri atau ditangkap oleh pasukan yang maju, termasuk sejumlah orang asing,” jelasnya

Dengan kelompok teror menghadapi kehancuran, Presiden Trump telah bersumpah untuk menarik pasukan AS dan menyerahkan tanggung jawab untuk menahan pejuang yang tersisa ke Turki. AS juga telah mengatakan kepada sekutunya untuk membawa anggota ISIS di tanah asing kembali ke rumah, atau berisiko kehilangan mereka.

Itu termasuk pengantin ISIS Inggris Shamima Begum, yang melarikan diri ke London timur untuk bergabung dengan kelompok itu pada tahun 2014, sebelum ditemukan di sebuah kamp pengungsi awal bulan ini.

Dia telah dilucuti kewarganegaraan Inggris dan dilarang kembali ke Inggris setelah Menteri Dalam Negeri menganggapnya risiko keamanan, tetapi keluarganya telah mengancam tantangan hukum. (der/fin)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 21:36
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak

wartapenanews.com -  " Saat dunia krisis energi tak terbaharukan, sejumlah kebijakan dan upaya dilakukan pemerintah dan staken holder dengan menghadirkan alternatif energi alam yang ramah lingkungan. Energi alam terbaharukan ini

01
|
28 Januari 2023 - 21:31
Rayakan Hari jadi ke 110 Tahun Sharp Gaungkan Kampaye Pelestarian Lingkungan ke Siswa Sekolah

wartapenanews.com - Berdasarkan data yang dikutip dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama tahun 2022 volume sampah di Indonesia mencapai 17.729.071 sampah per tahunnya. Sebesar 18,3%-nya adalah sampah plastik. Saat

02
|
28 Januari 2023 - 12:40
Biaya Haji Naik Jangan Panik, Arrum Haji Pegadaian Jadi Solusi Wujudkan Niat Baik

wartapenanews.com -  Usulan kenaikan biaya haji tengah menjadi perbincangan publik. Tak hanya memakan waktu tunggu keberangkatan yang semakin lama, melainkan biaya haji yang nyaris naik dua kali lipat dibandingkan tahun

03