4 May 2024 - 00:23 0:23

Pelayanan Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak Terus Ditingkatkan

Jakarta, WartaPenaNews.com – Sebagai jalur utama logistik yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera, Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Tangerang-Merak saat ini sangat mendukung kegiatan perekonomiam nasional. Keberadaan jalan tol ini memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kawasan industri dan permukiman yang pesat di wilayah Tangerang, sebagai satelit Kota Jakarta.

Beroperasi mulai tahun 1984, Jalan Tol Jakarta-Tangerang yang memiliki panjang 33 km ini juga menghubungkan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta dan JORR W1 yang menuju ke Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo (Jalan Tol Bandara). Sejak dioperasikan, Jalan Tol Jakarta-Tangerang telah melewati beberapa tahapan pengembangan yang dilakukan untuk peningkatan layanan kepada para pengguna jalan.

Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak dikelola oleh dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Ruas Tol Jakarta-Tangerang oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sementara Ruas Tol Tangerang-Merak dikelola oleh PT Marga Mandalasakti (ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak).

Untuk mengimplementasikan perubahan sistem tersebut, Jasa Marga telah menyediakan 12 GT baru sebagai akses masuk dan keluar jalan tol. Perubahan sistem pentarifan ini menggabungkan 2 ruas Tol Jakarta-Tangerang dan tarif tol Tangerang-Merak segmen Tangerang Barat – Cikupa, sehingga tarif untuk pengguna jalan tol jarak jauh menjadi lebih murah.

Untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jalan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menugaskan PT Jasa Marga untuk terus melakukan perbaikan, antara lain penambahan gardu tol dan pengoperasian mobile reader untuk meningkatkan kapasitas layanan transaksi, mengurangi kepadatan di gerbang tol, serta secara rutin perbaikan sarana penunjang jalan tol berupa Scrapping Filling Overlay (SFO) dan rekonstruksi perkerasan guna meningkatkan kualitas jalan, pengecatan (coating) jembatan, dan penataan lansekap taman. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03