17 June 2024 - 00:50 0:50

Pelecehan Istri Tahanan KPK Bisa Diproses Hukum, Mantan Penyidik: Tak Harus Tunggu Laporan Korban

Mantan penyidik KPK, Novel Baswedan. Foto: Medsos Media

IPOL.ID – Korban pelecehan seksual oleh petugas di rumah tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum melapor ke pihak kepolisian. Meski begitu, bukan berarti kasus pelecehan tersebut tak bisa ditindaklanjuti secara hukum.

Menurut mantan penyidik KPK, Novel Baswedan, kasus pelecehan tersebut bisa ditindaklanjuti secara hukum tanpa harus dilaporkan dahulu oleh korban.

Sesuai Pasal 108 ayat (1) KUHAP, disebutkan korban atau saksi mempunyai hak untuk melaporkan terjadinya dugaan tindak pidana.

“Artinya, boleh melapor dan boleh tidak,” ujar Novel dikutip dari akun twitternya, Kamis (29/6).

Oleh karena itu kasus pelecehan tersebut semestinya bisa ditindaklanjuti secara hukum. Termasuk jika hanya dilaporkan oleh pimpinan dan Dewas KPK.

“Pimpinan dan Dewas KPK punya kewajiban melapor sesuai Pasal 108 ayat (3) KUHAP. Nah yang punya kewajiban ini mesti didorong untuk taat hukum, dan tidak melawan hukum,” pungkas Novel.

Sebelumnya, Anggota Dewas KPK, Albertina Ho menjelaskan bahwa korban pelecehan seksual oleh petugas di Rutan KPK belum melapor ke pihak kepolisian.

Meski begitu, pegawai yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap salah satu istri tahanan sudah tidak bertugas di Rutan KPK.

Pelaku telah dipindahkan tugas ke bagian lain. “Tidak bertugas lagi di Rutan KPK,” kata Albertina belum lama ini.(Yudha Krastawan)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
15 June 2024 - 13:16
Libur Iduladha, Penumpang Kereta di Yogyakarta Meningkat

WARTAPENANEWS.COM – Jelang Idul Adha 2024, penjualan tiket kereta api jarak jauh keberangkatan awal stasiun di Daop 6 mengalami peningkatan. Total ada 88.401 tiket yang terjual untuk tanggal 13 Juni

01
|
15 June 2024 - 12:37
Sepanjang 2024, 1.008 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Bantul

WARTAPENANEWS.COM – Polres Bantul mencatat sepanjang Januari hingga Juni 2024 ini ada 1.008 kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bantul. Dari jumlah itu, 1.258 orang luka ringan dan 71 orang meninggal

02
|
15 June 2024 - 12:14
Jalanan di Jakarta Lengang saat Libur Panjang Idul Adha

WARTAPENANEWS.COM – Long weekend Hari Raya Idul Adha membuat sejumlah ruas jalan di Jakarta tampak lengang dari padatnya kendaraan. Idul Adha akan dirayakan pada Senin (17/6) mendatang. Libur panjang digunakan

03