Pemerintah Akan Keluarkan Aturan Bersepeda di Jalan

oleh -
Ilustrasi bersepeda Foto: Tempo.co

WartaPenaNews, Jakarta – Terjadi tren lonjakan pengguna sepeda selama pandemi Virus Corona atau COVID-19 di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bersepeda dianggap lebih aman dari penuaran, sekaligus tetap bisa olahraga guna menjaga imunitas tubuh.

Pembahasan regulasi seputar penggunaan sepeda pun jadi perhatian Pemerintah Indonesia hari ini. Sehingga nantinya apabila semakin masif penggunannya, dipastikan bisa terpantau dengan baik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengungkapkan, klasifikasi sepeda dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, termasuk dalam kategori kendaraan tidak bermotor. Meski demikian kegiatannya biasanya diatur oleh daerah masing-masing.

BACA JUGA:   Gara-gara Pemotor Mengantuk, Amanda Tewas di Tempat

“Jadi saya akan mendorong kepada pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan,” kata Budi dikutip dari keterangan, Sabtu 27 Juni 2020.

Budi mengatakan, pihaknya sangat setuju kalau ada kebijakan yang mengatur penggunaan sepeda. Sehingga apabila tren ini jadi kebiasaan dan menjadi salah satu moda transportasi masyarakat, faktor keamanannya bisa dipastikan.

“Apakah nanti dengan Peraturan Menteri atau dengan Peraturan Daerah di bawah bupati/walikota atau Gubernur, yang terpenting penggunaan sepeda ini akan ada regulasi yang mengatur ke depannya,” tambahnya.

BACA JUGA:   Dua Warga Depok Tewas, Usai Rayakan Ulang Tahun dengan Pesta Miras

Meski demikian menurutnya, kecenderungan penggunaan sepeda di Indonesia lebih sebagai sarana olah raga dan untuk gaya hidup kemudian berkumpul dengan komunitasnya dan penggunanya belum terlalu besar.

“Saya belum melihat dalam jumlah besar di Indonesia bahwa sepeda digunakan untuk pergerakan dari satu tempat ke tempat lain atau sepeda rutin dipakai untuk kegiatan sehari-hari, meski sudah ada namun masih termasuk sedikit,” tambahnya.

Pemerintah pun akan mendukung penggunaan sepeda di masa depan. Berbagai infrastruktur pun akan disiapkan.

“Kalau di wilayah DKI Jakarta kita lihat kini sudah ada infrastrukturnya, makanya kalau dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat akan menyiapkan infrastruktur untuk sepeda, saya bersyukur sekali. Kita akan terus mendorong penggunaan sepeda,” ungkapnya. (mus)

BACA JUGA:   Libur Panjang, Bogor Akan Lakukan Rapid dan Swab Test Secara Massal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *