29 March 2024 - 07:32 7:32

Pemerintah Dorong Taksi dan Ojek Online Gunakan Kendaraan Listrik

Jakarta, WartaPenaNews – Pemerintah mendorong operator transportasi online di Indonesia mengembangkan armada berbasis listrik untuk layanan taksi maupun ojek.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiadi mengatakan, pemerintah ingin hal itu terealisasi secara bertahap agar masyarakat ikut merasakan manfaat kendaraan transportasi berbasis listrik.

“Upaya ini agar masyarakat cepat juga beralih ke kendaraan listrik. Salah satu yang disampaikan pak menteri kami dorong kepada Grab dan Gojek untuk menggunakan kendaraan listrik,” kata Budi ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jumat (13/12/2019).

Tak hanya taksi dan ojek, Budi juga mendorong transportasi masal seperti bus bisa diarahkan menggunakan armada listrik. Ia menuturkan perusahaan jasa angkutan bus harus sudah memikirkan terkait elektrifikasi di masa mendatang. Sebab, rencana pemerintah transportasi masal bus tidak lagi menggunakan bahan bakar, melainkan energi listrik.

“Saya juga lagi memandang mungkin suatu saat mendorong kepada operator bus secara bertahap ke listrik. Seperti Damri dan Transjakarta. Secara bertahap harus ganti beberapa tahun ke depan ke bus listrik,” kata Budi.

Rencananya mulai awal 2020, Grab Indonesia bakal mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri dengan menggandeng Hyundai, Honda, dan Gesits. Gojek sudah lebih dulu melakukan proyek riset seperti itu, namun kerjasama hanya bersama Honda.

Keduanya melakukan riset terkait transportasi listrik di dalam negeri menggunakan kendaraan ‘hijau’ produsen tersebut sebagai armada taksi, ojek onlie, serta layanan antar barang, dan pemesanan makanan. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

01
|
29 March 2024 - 07:11
Rumah Kontrakan di Jatinegara Terbakar akibat Kompor Meledak

WARTAPENANEWS.COM - Sebuah rumah kontrakan seluas 3x10 meter di Jatinegara, terbakar saat Kamis sore ini (28/3/2024) menjelang waktu berbuka puasa. Rumah kontrakan tersebut terbakar lantaran penghuni rumah tengah memasak nasi,

02
|
29 March 2024 - 06:31
Oplos Pertalite Jadi Pertamax, Manajer-Pengelola SPBU Ditangkap Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Polisi mengungkap tindakan curang yang dilakukan di empat SPBU di Jakarta Barat, Kota Tangerang, dan Depok. SPBU itu mengoplos pertalite sehingga tampilannya seperti pertamax. Lalu dijual dengan harga

03