29 April 2024 - 17:22 17:22

Pemerintah Ingin Kawasan Perumahan di IKN Nusantara Seperti BSD City

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bersama Panitia Khusus RUU IKN DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Mandiri BSD City dan Alam Sutera, Minggu (16/1/2022). Foto: Bappenas

Wartapenanews.com – Kementerian PUPR tengah menyiapkan rancangan kawasan perumahan di ibu kota negara (IKN) Nusantara. Dalam penyusunan perencanaan ini, Ditjen Perumahan PUPR kembali melakukan studi banding ke kawasan Bumi Serpong Damai alias BSD City di Tangerang Selatan, yang dikembangkan oleh Sinarmas Land.

Seperti diketahui, BSD City dikembangkan oleh Sinarmas Land, yang salah satu petingginya kini jadi Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe.

Dirjen Perumahan PUPR Iwan Suprijanto mengungkapkan timnya yang ditugaskan buat penyusunan perencanaan perumahan IKN Nusantara baru saja meninjau konsep perumahan kawasan BSD City

“Kami melakukan studi banding ke Sinarmas Land untuk mempelajari beberapa konsep dan strategi, serta desain pengembangan yang telah dilaksanakan di BSD City,” ujar Iwan di Jakarta Rabu (16/3).

Sejumlah kawasan yang ditinjau yakni BSD Green Office Park, Gedung Sinar Mas Land Plaza, Gedung Green Office Park 9, ruang pusat kendali atau command center Kawasan BSD, CityGrha Unilever, serta mal tanpa dinding The Breeze.

Iwan menilai pengembangan dan pembangunan perumahan dan permukiman oleh Sinarmas Land sangat baik dan bisa diadopsi. Menurutnya, pihak Sinarmas juga menyesuaikan pembangunan dengan kontur alam serta menjaga kelestarian lingkungan.

BSD City
BSD City

Selain itu, pihak Sinarmas Land juga menyesuaikan pembangunan sesuai dengan kontur alam serta menjaga sekaligus kelestarian lingkungan dengan baik. Pengembangan kawasan dengan mendorong pemanfaatan teknologi informasi juga didukung dengan pelestadian sosial budaya lokal yang ada, membuat kawasan semakin maju dan menarik minat para investor untuk berinvestasi di daerah tersebut.

“Kami cukup mendapatkan informasi yang baik dari SInarmas Land dan kiranya sangat bermanfaat bagi kami dalam rangka mempersiapkan, khususnya perencanaan dan pengelolaan perumahan yang akan kita kembangkan di Ibu Kota Negara ke depannya,” kata Iwan.

Sementara itu, perwakilan Sinarmas Land Ignesjz Kemalawarta, memaparkan sejumlah program dan kebijakan mereka dalam melaksanakan pembangunan suatu kawasan. Di antaranya tahapan-tahapan dalam pembangunan kawasan BSD City dari awal hingga saat ini, transisi pembangunan BSD City menuju pembangunan yang rendah emisi karbon, serta transformasi BSD City menjadi kota berbasis digital.

“Kami akan mempelajari terlebih dulu apa saja yang bisa dilaksanakan Sinarmas Land dalam pembangunan IKN. Pada dasarnya Pembangunan IKN ini sebenarnya suatu tahap yang sangat strategis dalam rangka menyeimbangkan pembangunan barat dan timur. Ini langkah yang sangat penting dalam sejarah Indonesia sehingga bisa menyeimbangkan pembangunan untuk masyarakat termasuk penyediaan hunian yang layak huni,” tutur Ignesjz. (tim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03