8 May 2024 - 07:24 7:24

Pemerintah Pastikan Pembangunan IKN Jalan Terus

iknIPOL.ID – Pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu ditegaskan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR di Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (30/5).

Sri Mulyani mengatakan, pembangunan IKN tetap masuk dalam anggaran belanja program prioritas dalam Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) RAPBN Tahun 2024.

“Ini guna mendorong percepatan transformasi ekonomi, mendongkrak pembangunan infrastruktur, di antaranya keberlanjutan IKN,” ungkap Menkeu di hadapan anggota Dewan.

Hal itu disampaikan Menkeu menjawab pandangan fraksi atas dalam KEM PPKF RAPBN Tahun 2024 terkait kualitas belanja negara. Beberapa fraksi menggarisbawahi pentingnya peningkatan kualitas belanja agar efisien dan efektif demi menopang agenda pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Sri Mulyani sepakat dengan pandangan anggota DPR. Dengan demikian, kabinet konsisten melanjutkan penguatan spending better melalui efisiensi belanja kebutuhan dasar, dan program untuk mendukung program prioritas.

Dia menambahkan, program prioritas juga difokuskan guna mendorong transformasi ekonomi dengan sejumlah cara. Di antaranya, peningkatan kualitas dan akses pendidikan seperti Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pemberian beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan link and match.

Kabinet juga fokus pada penguatan kualitas dan akses kesehatan melalui efektivitas Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kemandirian farmasi, dan sistem kesehatan yang andal.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03