19 April 2024 - 09:05 9:05

Pemerintah Prioritaskan Wartawan untuk Vaksin COVID-19

vaksin

WartaPenaNews, Jakarta – Pemerintah memprioritaskan sejumlah kalangan yang bekerja dalam bidang pelayanan publik untuk program vaksinasi COVID-19 tahap kedua mulai dari pedagang di pasar, tokoh agama, aparat keamanan, hingga wartawan.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan sejumlah kalangan menjadi prioritas pemberian vaksin COVID-19 karena dinilai sebagai kelompok yang rentan tertular dan berisiko apabila tertular.

Dalam program vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang akan dimulai pada 17 Februari 2021, kelompok yang diprioritaskan adalah lansia, pedagang di pasar, tenaga pendidik seperti guru dan dosen , tokoh agama atau penyuluh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, ASN, aparat keamanan, pekerja pariwisata, pekerja pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, serta wartawan dan pekerja media.

Nadia mengatakan program vaksinasi COVID-19 tahap kedua akan dimulai pada pedagang di pasar di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat dan akan berlangsung selama empat hari. Selanjutnya, program vaksinasi tahap kedua akan berjalan hingga April 2021.

“Sebagai penyuntikan perdana vaksinasi tahap dua, kita mulai dengan vaksinasi pedagang pasar. Karena pedagang pasar menjadi salah satu kelompok yang bertugas memberikan pelayanan publik, kita akan mulai besok selama empat hari untuk pemberian vaksinasi, kita mulai di Pasar Tanah Abang,” kata Nadia.

Dia menyebutkan vaksinasi tahap kedua akan menggunakan vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh PT Biofarma di Bandung Jawa Barat dengan menggunakan bulk atau bahan baku vaksin buatan Sinovac. Pemberian vaksinasi juga mempertimbangkan ketersediaan vaksin COVID-19 saat ini.

Untuk program vaksinasi tahap dua, pemerintah memprioritaskan untuk mengalokasikan 70 persen vaksin yang ada untuk vaksinasi pada tujuh provinsi di Pulau Jawa dan Bali, sementara 30 persen sisanya untuk di luar Pulau Jawa dan Bali. Nadia mengatakan pemerintah memprioritaskan pemberian vaksin di tujuh provinsi yang memiliki angka kasus dan angka penularan COVID-19 yang tinggi.

Saat ini vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan sudah mencapai 1,1 juta orang dari target sekitar 1,5 juta tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. Pemerintah menargetkan untuk memvaksinasi 70 persen penduduk Indonesia atau total 181,5 juta orang untuk menciptakan kekebalan kelompok guna menghentikan pandemi COVID-19 di Tanah Air. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03