6 Februari 2023 - 10:55 10:55

Pemerintah Pusat dan Daerah Diminta Selidiki Masalah Bentrokan di PT GNI

wartapenanews.com –  Anggota Komisi I DPR Fraksi PKS Almuzzamil Yusuf menilai pemerintah baik pusat dan daerah harus turun tangan dalam menyelidik bentrikan yang terjadi di smelter nikel PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Sebab dalam bentrokan ini menyebabkan korban jiwa baik dari pekerja China dan lokal.

“Aparat penegak hukum, serta Pemda dan DPRD setempat harus turun menyelidiki kasus ini sejelas-jelasnya dan seadil-adilnya,” tegas Muzammil saat dihubungi Jumat (20/1/2023).

Tak hanya itu, Ketua DPP PKS ini juga menyinggung bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) serta Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) juga perlu turun tangan, agar kejadian seperti ini tak terulang kembali.

“Bahkan Komnas HAM, Kemenaker dan DPR RI juga perlu juga turun untuk menyelidiki akar masalah kasus ini. Agar hal serupa tidak terjadi lagi di lain tempat,” jelasnya.

Penting bagi pemerintah Indonesia untuk mencari akar masalah bentrokan PT GNI ini, agar menjadi masukan pula bagi para pembuat kebijakan di negeri ini.

“Akar masalah perlu ditemukan sehingga bisa menjadi masukan bagi Pemerintah Pusat dan DPR RI, dalam merevisi atau (bagi) pembuat kebijakan ketenagakerjaan yang lebih kondusif atau adil untuk semua pihak,” pungkasnya.

Pasca kericuhan di smelter GNI yang menewaskan 1 pekerja China dan 2 pekerja Indonesia, Kedubes China di Jakarta menyampaikan kecamannya.

“Kami, sebagaimana pemerintah Indonesia, mengutuk insiden keji ini, saat kekerasan terjadi di kawasan industri menyebabkan warga China dan staf Indonesia tewas, serta kerusakan fasilitas di area pabrik,” demikian pernyataan Kedubes China, Kamis (19/1/2023).

Pihak Kedubes China menegaskan komitmen untuk membela hak dan kepentingan warga negara, serta perusahaan mereka yang beroperasi di Indonesia, termasuk PT GNI. Saat ini, Kedubes China mengaku telah memverifikasi informasi yang relevan terkait bentrok di smelter GNI. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 08:11
Pakistan Blokir Wikipedia karena Dianggap Memuat Konten Hujatan

wartapenanews.com - Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA) telah memblokir Wikipedia setelah menurunkan akses ke situs web selama 48 jam karena konten yang dianggap tidak sopan dan mengarah ke bentuk hujatan. Juru

01
|
6 Februari 2023 - 07:28
BMKG: Cuaca Hari Ini di Jakarta Cerah Berawan

wartapenanews.com - BMKG kembali mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah DKI Jakarta pada hari ini, Senin (6/2). Jakarta diprediksi cerah berawan. Pada pagi hari, seluruh wilayah DKI Jakarta yakni di Jakarta

02
|
6 Februari 2023 - 07:02
Barcelona Hajar Sevilla, 3-0

wartapenanews.com - Barcelona mengalahkan Sevilla dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2022/23 di Stadion Camp Nou, Senin (6/2) dini hari WIB. Skor akhir 3-0. Gol Barcelona dicetak oleh Jordi Alba di

03