25 April 2024 - 03:01 3:01

Pemerintah Pusat dan Daerah Diminta Selidiki Masalah Bentrokan di PT GNI

wartapenanews.com –  Anggota Komisi I DPR Fraksi PKS Almuzzamil Yusuf menilai pemerintah baik pusat dan daerah harus turun tangan dalam menyelidik bentrikan yang terjadi di smelter nikel PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Sebab dalam bentrokan ini menyebabkan korban jiwa baik dari pekerja China dan lokal.

“Aparat penegak hukum, serta Pemda dan DPRD setempat harus turun menyelidiki kasus ini sejelas-jelasnya dan seadil-adilnya,” tegas Muzammil saat dihubungi Jumat (20/1/2023).

Tak hanya itu, Ketua DPP PKS ini juga menyinggung bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) serta Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) juga perlu turun tangan, agar kejadian seperti ini tak terulang kembali.

“Bahkan Komnas HAM, Kemenaker dan DPR RI juga perlu juga turun untuk menyelidiki akar masalah kasus ini. Agar hal serupa tidak terjadi lagi di lain tempat,” jelasnya.

Penting bagi pemerintah Indonesia untuk mencari akar masalah bentrokan PT GNI ini, agar menjadi masukan pula bagi para pembuat kebijakan di negeri ini.

“Akar masalah perlu ditemukan sehingga bisa menjadi masukan bagi Pemerintah Pusat dan DPR RI, dalam merevisi atau (bagi) pembuat kebijakan ketenagakerjaan yang lebih kondusif atau adil untuk semua pihak,” pungkasnya.

Pasca kericuhan di smelter GNI yang menewaskan 1 pekerja China dan 2 pekerja Indonesia, Kedubes China di Jakarta menyampaikan kecamannya.

“Kami, sebagaimana pemerintah Indonesia, mengutuk insiden keji ini, saat kekerasan terjadi di kawasan industri menyebabkan warga China dan staf Indonesia tewas, serta kerusakan fasilitas di area pabrik,” demikian pernyataan Kedubes China, Kamis (19/1/2023).

Pihak Kedubes China menegaskan komitmen untuk membela hak dan kepentingan warga negara, serta perusahaan mereka yang beroperasi di Indonesia, termasuk PT GNI. Saat ini, Kedubes China mengaku telah memverifikasi informasi yang relevan terkait bentrok di smelter GNI. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03