21 June 2024 - 09:06 9:06

Pemkot Palembang Mulai Petakan Wilayah Rawan Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Memasuki musim hujan pemerintah Kota (Pemkot) Palembang telah memetakan wilayah rawan banjir. Pemetaan ini sebagai upaya mitigasi menjelang peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Beberapa wilayah tersebut yakni Jalan Basuki Rahmat, PTC, Jalan Veteran, Mayor Ruslan, May Salim Batubara, Sungai Buah, Sapta Marga, Celentang, Sekojo, Sekip Sekojo, Jalan Urip Sumoharjo, dan Ajendam.

“Titik yang kami petakan tersebut kini menjadi perhatian karena sebagai daerah rawan banjir, ” kata, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang, Ahmad Bastari Yusak, Selasa (21/11).

Bastari menyebutkan berdasarkan data sebelumnya di 2022 terdapat 33 titik wilayah yang mengalami banjir. Meskipun demikian pihaknya menilai meski titik masih tinggi, luasan banjir sudah berkurang.

“33 titik banjir itu jika hujan turun dengan intensitas tinggi. Untuk musim penghujan ini apakah masih 33 titik, kita lihat nanti ketika hujan deras turun,” kata dia.

Sedangkan untuk waktu genangan banjir yang sebelumnya bisa mencapai 13 jam, saat ini sudah berkurang menjadi 6 jam sudah kering.

“Di beberapa titik banjir itu kita targekan bisa kering dalam 2 jam dan ketinggiannya tak sampai 30 sentimeter,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga menyiapkan pompa delapan unit dan empat pompa mobile dengan kapasitas 500-3.000 liter per detik.

“Kami berharap musim penghujan tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 June 2024 - 08:32
IHSG Diprediksi Makin Menguat

WARTAPENANEWS.COM –   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi naik pada perdagangan hari ini. Kenaikan indeks menyusul penguatan yang terjadi hampir sepanjang perdagangan pada Kamis kemarin. Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan

01
|
21 June 2024 - 08:10
Viral, Pria Mualaf Bawa Babi untuk Kurban

WARTAPENANEWS.COM –  Euforia Idul Adha masih terasa hingga saat ini. Berbagai momen menarik dan unik di hari raya kurban ini pun belakangan mewarnai media sosial. Salah satunya adalah seorang pria

02
|
21 June 2024 - 07:35
Terbukti Terima Suap Rp 40 Miliar, Achsanul Qosasi Divonis 2,5 Tahun Penjara

WARTAPENANEWS.COM – Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI nonaktif Achsanul Qosasi divonis 2 tahun 6 bulan penjara dalam kasus penerimaan suap korupsi BTS Bakti Kominfo. Majelis Hakim Pengadilan Tipikor

03