28 March 2024 - 19:47 19:47

Pemkot Tangerang Resmikan 79 Sekolah Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus

WartaPenaNews, Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang Banten meresmikan 79 sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus pada tingkat TK, SD dan SMP yang tersebar di 13 Kecamatan.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan sekolah inklusi merupakan upaya Pemkot Tangerang dalam memberikan hak pendidikan kepada semua anak – anak, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus.

Harapannya, melalui sekolah inklusi maka anak – anak berkebutuhan khusus dapat mengembangkan potensi kelebihan yang dimiliki dan menutupi kekurangan yang ada. “Setiap anak memiliki potensi dan kita ingin agar potensi itu dapat tergali,” kata Arief di Tangerang seperti diberitakan kantor berita AntaraNews.com, Kamis (20/5/2021). .

Ia mengatakan sistem belajar di sekolah inklusi terdiri dari dua macam yakni yang bersama – sama dan juga kelas khusus. Saat penyampaian materi oleh guru, akan dilakukan bersama.

“Tapi ada juga guru yang memberikan pembelajaran khusus dari hasil pengamatan terhadap perkembangan anak. Maka itu pengamatan akan dilakukan secara optimal agar materi yang disampaikan dipahami,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan 79 sekolah inklusi yang sudah dibentuk terbagi dalam beberapa tingkat yakni 53 sekolah inklusi tingkat SD, 13 sekolah inklusi tingkat SMP dan 13 sekolah inklusi tingkat TK.

Ia mengatakan pembentukan sekolah inklusi ini sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang meminta Kabupaten/Kota membuat sekolah inklusi minimal satu di setiap kecamatan.

Untuk siswa sendiri, Jamalludin menuturkan saat ini sudah ad 303 siswa yang mendaftar dan ke depannya akan terus disosialisasikan kepada masyarakat agar anak yang memiliki kebutuhan khusus mendapatkan pembelajaran secara penuh seperti anak – anak pada umumnya.

Kemudian untuk tenaga pengajar, Dinas Pendidikan Kota Tangerang saat ini sedang melakukan diklat kepada 200 guru dan ke depan akan melibatkan tenaga pendidik dari Sekolah Luar Biasa maupun Perguruan Tingi. “Ini adalah bentuk kesamaan untuk mendapatkan hak pendidikan bagi semua anak – anak,” katanya. []

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03