7 May 2024 - 06:29 6:29

Pemuda Mahasiswa Ini Dorong Pelaku UMKM Kuasai Digital Marketing di Kota Bandung

IPOL.ID – Kemampuan dalam memasarkan produk di dunia maya atau digital marketing menjadi kunci untuk membangun bisnis di era teknologi komunikasi yang semakin maju dewasa ini.

Hal tersebut yang mendorong kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo yakni Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Jawa Barat menggelar pelatihan digital marketing di Kota Bandung, Sabtu (22/7) siang.

“Pemateri menyampaikan pentingnya berusaha melalui media sosial, karena kebanyakan penjualan produk itu sudah dilakukan melalui media sosial,” kata Koordinator Wilayah PMN Jawa Barat, Marsus Albar, Minggu (23/7).

Kegiatan yang digelar di Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung itu disambut antusias oleh warga dari kalangan muda hingga orang tua yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Para peserta mendapatkan berbagai ilmu dan informasi mengenai kewirausahaan dan pemasaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital saat ini.

Selain digital marketing, pelaku usaha didorong untuk mengembangkan kemampuan lain seperti public speaking hingga teknik desain grafis sederhana.

“Pentingnya mempunyai produk itu, mempunyai keterampilan baik dari public speaking, desain ataupun teknik pemasaran nantinya akan menjual produknya di media sosial,” jelas Marsus.

Setelah warga tertarik dengan konsep kegiatan yang digelar, para sukarelawan PMN menjadi lebih mudah untuk melakukan sosialisasi mengenai sosok Ganjar Pranowo sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024.

Marsus menilai, sambutan warga sangat positif terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan PMN Jawa Barat selama ini, termasuk tanggapan terhadap kegiatan kali ini.

“Untuk (peserta) itu, banyak sekali dan responnya cukup baik. Baik dari pemuda ataupun warga Desa Cipedes ketika PMN Jawa Barat mensosialisasikan sosok Pak Ganjar pada kegiatan kali ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Marsus optimis terhadap dukungan warga Jawa Barat, khususnya Kota Bandung terhadap Ganjar semakin meningkat dari waktu ke waktu.

“Warga, ataupun Bapak-Ibu serta pemuda banyak sekali yang mendukung agar nantinya Pak Ganjar bisa terpilih di (Pemilihan) Presiden 2024,” ungkap Marsus.

Disela-sela kegiatan, Korwil PMN Jawa Barat menyerahkan bantuan berupa alat pengeras suara kepada perwakilan warga untuk menunjang kegiatan sosial di lingkungan setempat.

Dalam kegiatan itu, salah seorang peserta pelatihan yakni Rizal Adiguna mengapresiasi inisiatif para sukarelawan Ganjar yang telah menggelar kegiatan tersebut.

Menurutnya, materi pelatihan disampaikan sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh warga, khususnya para pelaku UMKM yang belum berpengalaman dalam menjalankan bisnisnya.

“Alhamdulillah, acaranya bisa berjalan lancar. Bermanfaat juga bagi generasi muda terlebih di era digital sekarang memang dibutuhkan sekali untuk digital marketing ini,” tukas Rizal.

Selain itu, pelatihan itu juga dinilai masih bisa diikuti oleh peserta yang belum memiliki bisnis seperti dirinya agar lebih termotivasi untuk mulai berwirausaha.

“Sangat terbantu juga terfasilitasi untuk warga dan pemuda-pemuda di sini. Bareng teman-teman, mudah-mudahan ke depannya bisa berwirausaha di era digital ini dengan marketing digital,” kata dia.

Warga pun turut menyampaikan sejumlah masukan dan harapan kepada Ganjar melalui para sukarelawan PMN Jawa Barat.

Mereka pada umumnya berharap Ganjar terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia 2024 mendatang dan melanjutkan roda pemerintahan Presiden sebelumnya.

“Untuk Pak Ganjar kalau misalkan terpilih, harapannya bisa terus memberikan yang terbaik ke masyarakat khususnya untuk pemuda. Untuk beasiswa sekolah yang tinggi dan juga memperhatikan fasilitas sekolah untuk SMA sampai perkuliahan juga,” pesan Rizal. (Joesvicar Iqbal/msb)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03