22 May 2024 - 05:19 5:19

Pemudik Diimbau Jangan Jalan pada Malam Hari

wartapenanews.com –  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan kepadatan arus mudik di Pelabuhan Merak akan terjadi pada malam hari. Untuk itu dia mengimbau masyarakat agar memilih waktu siang hari sebagai alternatif jam keberangkatan para pemudik yang ingin ke Pulau Sumatera.

“Kemudian anjuran kepada masyarakat bahwa untuk siang dan malam ini tentunya kecenderungan kepadatan malam hari jauh lebih padat daripada siang hari, kita anjurkan untuk pilihan alternatif siang bisa dipilih,” katanya di Pelabuhan Merak, Banten Senin (10/4/2023).

Ia menjelaskan, asumsi ini berkaca dari kebiasaan para pemudik selama ini yang selalu memulai perjalanannya pada malam hari, dengan alasan keamanan. Mereka memilih perjalanan malam hari agar sampai di Pelabuhan Bakauheni pagi hari kemudian melanjutkan perjalanan ke tujuan masing-masing.

Untuk mengubah stigma itu, Sigit memastikan pihaknya akan mempersiapkan sejumlah personel untuk mengamankan perjalanan para pemudik, baik siang maupun malam hari, maka jangan lagi risau dalam perjalanan pulang kampung.

“Tentunya kami dari Polri akan mengawal apabila ada kerawanan-kerawanan sepanjang jalan karena pilihan waktu siang kemudian menjadi pilihan yang beberapa waktu dipilih karena masalah risiko keamanan di jalan maka kami dari Polri akan mempersiapkan pengawalan baik yang memilih siang atau malam sehingga di jalan tidak ada gangguan kejahatan, khususnya di jalur setelah turun dari Bakauheni dan mengarah ke tujuan masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, Kapolri Sigit juga meminta jajarannya agar lebih awal menginformasikan rute perjalanan menuju Pelabuhan Ciwandan agar pemudik tak tersasar serta tak terjadi kepadatan akibat salah jalur.

“Mungkin yang perlu saya sampaikan dan saya tambahkan terkait penggunaan Pelabuhan Ciwandan sebagai salah satu yang digunakan untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda enam ini benar-benar disosialisasikan dari awal, kemudian personel-personel dipersiapkan dengan lebih baik, demikian juga dengan rambu-rambunya yang masyarakat mungkin belum tahu Pelabuhan Ciwandan kemana agar tidak terjadi crowded,” tuturnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 May 2024 - 12:39
Presiden Iran Ebrahim Raisi Akan Dimakamkan di Kota Mashhad

WARTAPENANEWS.COM – Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Rais dalam kecelakaan helikopter di Azerbaijan Timur menyisakan duka bagi masyarakat Iran. Prosesi upacara pemakaman terhadap Raisi akan digelar dari Selasa sampai Kamis pekan

01
|
21 May 2024 - 12:19
Gempa Berkekuatan 5,3 Magnitudo Guncang Malang Getarannya Terasa hingga Jember

WARTAPENANEWS.COM – Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Kab. Malang, Jawa Timur, Selasa (21/5). Gempa terjadi sekitar pukul 02.42 WIB. BMKG menginformasikan, gempa berpusat di 127 km Tenggara Kab. Malang tepatnya

02
|
21 May 2024 - 11:36
Ini Penyebab Tabrakan Beruntun di Tol Jagorawi

WARTAPENANEWS.COM – Terjadi tabrakan beruntun di Tol Jagorawi arah Jakarta, Selasa pagi (21/5). Setidaknya tiga mobil terlibat, dua di antaranya adalah Toyota Calya/Daihatsu Sigra. Kecelakaan tersebut viral di media sosial

03