3 Februari 2023 - 14:04 14:04

Pencarian Pesawat Malaysia Airlines MH370 Berpotensi Dilanjutkan

WartaPenaNews, Jakarta – Malaysia mempertimbangkan kembali untuk melanjutkan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang lima tahun yang lalu.

“Jika ada petunjuk yang dapat dipercaya atau proposal spesifik, kami bersedia dan kami siap untuk meminta dengan mereka proposal baru tersebut,” kata Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke.

Menurut Loke, Ocean Infinity telah membuktikan minatnya untuk kembali mencari MH370 dengan teknologi yang baru dikembangkan tahun lalu. Namun, hingga saat ini mereka belum menyetujui proposal baru.

“Jika mereka dapat meyakinkan kami, teknologi baru dapat lebih efisien dalam pencarian, maka kami bersedia untuk memulai kembali,” ucap Loke.

Loke juga mengatakan, Malaysia akan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang mencari MH370 itu berdasarkan perjanjian, tidak ada obat, tidak ada biaya. Perjanjian itu disetujui perusahaan hanya akan dibayarkan jika menemukan pesawat.

“Malaysia telah menawarkan USD70 juta atau Rp988 miliar pada 2018 lalu,” ujarnya.

Dapat diketahui, pesawat MH370 yang terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing, Tiongkok hilang pada 8 Maret 2014 lalu. Pesawat tersebut membawa 239 orang.

Malaysia dan Cina dan Australia berencana melakukan pencarian di Samudera Hindia selatan. Tapi, pada Januari 2017 mereka membatalkan rencana pencarian bawah laut yang diharapkan akan membutuhkan dana USD 141,6 juta tersebut.

Pembatalan dilakukan setelah mereka tidak menemukan tanda-tanda jejak pesawat di kawasan tersebut. Setelah pembatalan, pencarian berikutnya dilakukan dengan dipimpin oleh Infinity Ocean.

Pencarian tersebut berakhir pada Mei 2018. Pencarian tiga bulan kedua, dipimpin oleh perusahaan eksplorasi AS Infinity Ocean, berakhir sama pada Mei tahun lalu.

Dalam pencarian itu, lebih dari 30 kepingan hanyut di sepanjang garis pantai Samudera Hindia ditemukan. Namun, hanya tiga bagian yang dipastikan berasal dari MH370. Dua dari potongan itu dipajang dalam acara pengujian lima tahun MH370. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03