29 Januari 2023 - 06:44 6:44
728x90

Pencetakan Surat Suara Sudah 61 Persen

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim, sebanyak 61 persen surat suara Pemilu 2019 telah dicetak. Persentase itu setara dengan 542 juta surat suara. Proses pencetakan suarat suara dipastikan rampung pada H-30 sebelum pencoblosan, atau 17 Maret mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Hasyim Asy’ari di Jakarta, Rabu (27/2).

Hasyim pun menyebut prioritas pencetakan surat suara adalah wilayah tersulit dari segi distribusi. Hal ini meliputi Papua dan daerah lain dengan masalah geografis.Selain itu, prioritas cetak-kirim juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pemilih di luar negeri. Sampai saat ini, empat juta lembar surat suara sudah didistribusikan ke 130 panitia pemilihan luar negeri.

“Sudah mulai dikirim 10 hari lalu. Dikirim ke wilayah terjauh seperti Amerika Latin, kemudian Afrika,” terang Hasyim.

Ia menyebut surat suara telah dicetak dan didistribusi ke seluruh daerah. Hanya beberapa daerah yang surat suaranya belum dicetak, seperti Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, dan Maluku Utara. Ada juga Jogjakarta. Hasyim memprediksi ada delapan daerah yang belum diproduksi surat suaranya.

Terpisah, Komisioner KPU Ilham Saputra optimis pencetakan surat suara rampung sebelum tenggat. Ia menyebut estimasi 109 persen surat suara rampung dicetak pada 27 Maret 2019, jika pencetakan konsisten.

“Melebihi target kami. Jadi ini Alhamdulillah kami bersyukur semoga tak ada masalah-masalah yang kemudian membuat proses ini jadi tertunda,” kata Ilham.

Bersamaan dengan pencetakan, KPU juga menunggu laporan dari daerah yang telah dikirimi surat suara. Laporan ini terkait sortir surat suara rusak yang akan segera ditindaklanjuti.

Ilham menyebut pergantian surat suara tak akan memakan waktu lama. Kendalanya hanya dari sisi distribusi saja. “Cepat kok, tinggal pengirimannya saja semoga enggak ada masalah,” ujar Ilham.

Sementara itu, Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja meminta KPU memperhatikan standar keamanan proses pencetakan dan distribusi surat suara. Bagja meminta Bawaslu dilibatkan dalam proses distribusi surat suara.

Bagja mengkritik sulitnya akses anggota Bawaslu mengawasi proses tersebut. Padahal, Bawaslu sudah menyurati KPU.

“Sebab distribusi ini kan juga masuk dalam tahapan. Kami kan mengawasi seluruh tahapan. Jangan sampai teman-teman Bawaslu di kota dan kabupaten, kecamatan sulit dalam mengawasi dan harus ngotot-ngototan. Kan seperti itu tidak elok,” tandas Bagja. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 21:36
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak

wartapenanews.com -  " Saat dunia krisis energi tak terbaharukan, sejumlah kebijakan dan upaya dilakukan pemerintah dan staken holder dengan menghadirkan alternatif energi alam yang ramah lingkungan. Energi alam terbaharukan ini

01
|
28 Januari 2023 - 21:31
Rayakan Hari jadi ke 110 Tahun Sharp Gaungkan Kampaye Pelestarian Lingkungan ke Siswa Sekolah

wartapenanews.com - Berdasarkan data yang dikutip dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama tahun 2022 volume sampah di Indonesia mencapai 17.729.071 sampah per tahunnya. Sebesar 18,3%-nya adalah sampah plastik. Saat

02
|
28 Januari 2023 - 12:40
Biaya Haji Naik Jangan Panik, Arrum Haji Pegadaian Jadi Solusi Wujudkan Niat Baik

wartapenanews.com -  Usulan kenaikan biaya haji tengah menjadi perbincangan publik. Tak hanya memakan waktu tunggu keberangkatan yang semakin lama, melainkan biaya haji yang nyaris naik dua kali lipat dibandingkan tahun

03