20 April 2024 - 11:30 11:30

Pencoblosan di Luar Negeri Dimulai 8 April

WartaPenaNews, Jakarta – Rangkaian tahap utama pemungutan suara Pemilu 2019 di luar negeri berlangsung mulai Senin (8/4). Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyampaikan hal ini dengan mengundang perwakilan negara sahabat. Mereka diharapkan ikut membantu rangkaian coblosan tersebut.

Dalam pemilu kali ini, KPU memiliki 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN) yang tersebar di 98 negara. Mereka akan melayani 2.058.191 WNI yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Pada 8 Maret lalu, pemungutan suara melalui pos sudah dimulai. Sementara itu, pemungutan suara yang dimulai pada 8 April mendatang adalah yang menggunakan sistem kotak suara keliling (KSK) dan tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, di depan perwakilan negara sahabat, telah disampaikan sejumlah hal. Mulai sistem pemilu, jenis, jumlah pemilih, regulasi, hingga siapa saja yang terlibat di dalamnya. “This is the biggest one day election in the world (ini pemilu terbesar di dunia yang berlangsung dalam sehari),” terang Ketua KPU Arief Budiman.

Bahkan, dalam pertemuan tersebut, sejumlah perwakilan mengungkapkan ketertarikan untuk berpartisipasi dalam election visit program. Sejauh ini, sudah ada 170 delegasi dari dalam dan luar negeri yang memastikan berpartisipasi.

Menurut Arief, negara-negara yang terdapat PPLN menyatakan kesiapan untuk membantu pemungutan suara. Salah satu yang dia apresiasi adalah Hongkong. Pada Pemilu 2014 kita diperkenankan menyelenggarakan pemilu di luar wilayah kita, lanjutnya. Luar wilayah yang dimaksud adalah di luar KBRI dan KJRI.

Di Hongkong, para WNI diizinkan memilih di TPS yang berada di tiga lokasi. Yakni, Queen Elizabeth Stadium Wan Chai, Tsim Sha Tsui Fong Welfare, dan Yuen Long Town Hall. Di luar Hongkong, mayoritas hanya mengizinkan pendirian TPS di area KBRI atau KJRI. “Di Adelaide diperbolehkan juga (membangun TPS, red),” terang Ketua Pokja PPLN Wajid Fauzi.

Negara yang memiliki pemukim WNI terbesar adalah Malaysia. Namun, hingga kini, tidak didirikan TPS di luar area KBRI dan KJRI. Sebagai gantinya, ada kotak suara keliling. PPLN mengirim sejumlah petugas untuk masuk ke lokasi-lokasi yang menjadi konsentrasi WNI. KSK mampu menjangkau area yang sulit seperti perkebunan sehingga WNI masih bisa menggunakan hak pilihnya. “Di Malaysia total ada 1,1 juta pemilih,” lanjutnya.

Untuk saat ini, KPU masih terus memastikan pengiriman logistik sampai tepat waktu di semua destinasi. Termasuk bila ada kekurangan di beberapa lokasi. Hari pemungutan suara akan menyesuaikan dengan kondisi WNI di tiap-tiap negara sehingga tidak bisa diadakan secara serentak.

Meski menggunakan sistem pemilihan pendahuluan atau early voting, hasil pemilu di luar negeri tidak akan langsung bisa diketahui. Sebab, penghitungan suara baru dilaksanakan pada 17 April atau bersamaan dengan coblosan di dalam negeri. Pemilih di luar negeri hanya mendapatkan surat suara pilpres dan calon anggota DPR RI dapil Jakarta II (Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan). (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03