29 March 2024 - 06:07 6:07

Pengamat: Amandemen UUD 45 Menciderai Demokrasi

WartaPenaNews, Jakarta – Direktur Political and Public Policy Studies, Jerry Massie menduga rencana amandemen UUD 45 digunakan untuk memuluskan jabatan presiden 3 periode. Jika hal ini terjadi, dia menilai, cara ini akan menciderai demokrasi.

Jika rencana amandemen itu terlaksana, Jerry menilai, kalangan parlemen terkesan tidak mewakili aspirasi rakyat.

“Tak ada gunanya mereka sebagai penyambung lidah rakyat. Mereka setidaknya mewakili aspirasi rakyat. Bukan berbeda haluan. Publik harus sepakat atau one voice,” kata Jerry dalam keterangannya, Selasa (31/8/2021).

Jerry mengatakan, pertemuan PDIP-Gerindra bersamaan dengan pertemuan para pimpinan parpol koalisi serta bergabungnya PAN ke pemerintahan menjadi catatan ke arah mengubah amandemen konstitusi.

“Sampai pertemuan Jokowi dan Prabowo di Kaltim. Ini rentetan peristiwa politik yang ada indikasi ke amandemen UUD 45,” imbuhnya.

Padahal, lanjut Jerry, dalam sebuah survei mayoritas atau 73,7 persen responden menolak perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode. Hanya 22,6 persen responden yang setuju amandemen jabatan presiden 3 periode.

“Mereka harus minta maaf sama Soekarno dan Soeharto yang menjaga nilai konstitusi atau tak mengobrak-abrik UUD 45. Mereka berjalan sesuai amandemen dan konstitusi. Saya nilai Jokowi juga tak punya komitmen. Masih bisa terpengaruh dengan etika situasional,” bebernya.

Jerry mengaku sudah membaca rencana ini sejak tahun lalu. Terutama saat UU Ciptakerja atau Omnibus Law dilegalkan. “Mulai dari situlah, ada arah menuju amandemen UUD 1945,” tutupnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03