20 April 2024 - 11:09 11:09

Pengamat; Penunjukan Mensos dan Menteri KKP Harus Lepas Dari Tekanan Parpol

Jakarta, WartaPenaNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditantang untuk menunjuk pengganti Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) lepas dari tekanan partai pasca Juliari Batubara dan Edhy Prabowo tersangkut kasus korupsi.

Seperti diketahui Juliari Batubara adalah kader PDIP, sedangkan Edhy Prabowo berasal dari Partai Gerindra.

“Saya lihat Jokowi masih bergantung pada dua partai ini dan dia belum bisa survival,” kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie seperti dilansir dari sindonews.com Rabu (16/12/2020).

Jerry menyakini Presiden Jokowi masih akan bergantung kepada kedua partai tersebut saat menempatkan kadernya sebagai Menteri Sosial dan Menteri KKP.

Dia mengaku lebih setuju jika Mensos dan Menteri KP nantinya diisi kalangan profesional atau akademisi yang mengerti persoalan dan jelas track record nya. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa, baik PDIP maupun Gerindra akan tetap bersikeras menempatkan kader-kader mereka di dalam kabinet. Dia melihat, ini masalah klasik tentang jatah politik.

Di sisi lain, dua pos kementerian tersebut, seharusnya tak diisi politisi partai karena diduga rawan korupsi dengan asumsi pemberian APBN yang cukup besar. Jerry menegaskan, meski ada keinginan agar Mensos dan Menteri KP dijabat kalangan profesional, tapi dia tak yakin hal itu dapat terwujud. Dia masih yakin, dua pos menteri itu akan tetap diberikan kepada PDIP dan Gerindra.

Dia mengatakan, memang ada isu atau rumor Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) akan diplot ke posisi Mensos. Menurutnya, hal ini bisa saja kalau disetujui Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Tapi, Jerry menyebut, Jokowi sebagai petugas partai pasti akan menuruti jika nama Risma yang disodorkan.

“Nama Sandiaga Uno disebut-sebut akan duduk di posisi Menteri KKP bagi saya Sandi wrong place tempat ini bukan spesialisasi dia. (Tapi Menteri KP bisa milik Sandi), ini balas jasa Prabowo kepadanya yang menjadi tandem pada pilpres lalu,” pungkasnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03