29 March 2024 - 15:26 15:26

Pengamat: PKS dan Partai Demokrat Sebaiknya Tetap Oposisi

WartaPenaNews, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat diminta tetap berada di luar pemerintah atau kelompok kelompok yang memposisikan diri sebagai check and balances.

Diharapkan kelompok tersebut jangan sampai ikut-ikutan berada di dalam lingkaran kekuasaan menyusul gabungnya PAN dalam koalisi pemerintahan Jokowi.

“Sebagai penyeimbang, sebaiknya Partai Demokrat dan PKS tetap di luar pemerintahan. Mereka tetap bertindak sebagai oposisi,” ucap Pengamat Politik Jerry Massie di Jakarta, Selasa (31/8/2021).

Dalam pandangannya, PAN cocok berada di luar jalur kekuasaan. Kekuatan PAN dikombinasi dengan Partai Demokrat dan PKS justru bisa meningkatkan elektabilitas keduanya sebagai partai-partai penyeimbang.

“Secara perhitungan politik, memposisikan diri sebagai kontrol pemerintah sulit rasanya jika dilakukan di dalam satu kabinet besar,” jelasnya.

Selanjutnya Jerry menyampaikan alasan kenapa PAN lebih memilih masuk ke dalam pemerintahan sejak dipimpin Zulkifli Hasan (Zulhas).

“Zulhas pernah duduk diposisi menteri jadi agak canggung dan janggal kalau tak duduk di kabinet. Sejak Zulhas jadi Ketum mereka maunya bermain politik “safety“,” terang Jerry.

Jerry juga mengingatkan agar PAN harus menghindari pembahasan Amandemen Undang Undang Dasar (UUD) untuk jabatan presiden 3 periode.

“Walau bergabung PAN harus menghindari pembahasan Amandemen UUD untuk jabatan 3 periode itu haram bagi mereka yang memegang teguh konstitusi,” pesannya tegas. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03