30 April 2024 - 00:37 0:37

Pengamat Prediksi Sejumlah Nama Calon Pj Gubernur Jabar, Ada Nama Komjen Nana Sudjana

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran, Firman Manan saat live on air di Radio Elshinta Bandung. Foto: Live on air Elshinta Bandung

IPOL.ID – Masa jabatan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil segera berakhir pada 5 September 2023 mendatang. Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, akan ditunjuk seorang penjabat (Pj) yang diusulkan Kementerian Dalam Negeri kepada Presiden Joko Widodo.

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran, Firman Manan memprediksi sejumlah nama yang dinilai pantas menjadi Pj Gubernur Jabar. Menurut Undang-Undang No 10 Tahun 2016, mengamanatkan dan mengharuskan Pj Gubernur adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat tinggi Madya.

“Kemungkinan besar besar akan diisi oleh pejabat perwakilan dari pusat dan itu kalau secara normatif,” kata Firman seperti dikutip dari media, Sabtu (3/6).

Meski begitu, Firman tak menutup kemungkinan Pj Gubernur Jabar bisa datang dari kalangan Jenderal Polri atau TNI. Itu terbukti pada pengalaman tahun 2018 lalu saat Mochamad Iriawan atau Iwan Bule yang kala itu masih berpangkat Irjen Pol akhirnya dipercaya menjadi Pj Gubernur Jabar.

“Kalau kita melihat pola 2018, waktu itu ada Mochamad Iriawan atau Iwan Bule yang merupakan mantan Kapolda Jabar yang bisa ditunjuk menjadi Pj,” katanya.

Selain Iwan Bule, Firman menyebutkan, juga ada mantan Kapolda Jabar seperti Komjen Pol Suntana atau Komjen Pol Rudy Sufahriadi yang sudah jelas mempunyai track record lapangan di Jabar.

Selain itu, ada mantan Kapolda Metro Jaya yakni Komjen Pol Nana Sudjana yang dinilai memahami situasi lapangan.

“Meskipun belum pernah menjadi Kapolda Jabar, mantan Kapolda Metro Jaya itu sangat paham situasi lapangan. Intinya pejabat tinggi Madya dengan kebutuhan yang memahami situasi lapangan,” ungkapnya.

Firman menegaskan, sosok Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil memang harus bisa menyelesaikan persoalan yang ada. Apalagi Jabar merupakan provinsi besar dan pengelolaannya juga tidak akan mudah.

Walaupun belum pernah menjadi Kapolda Jabar, mantan Kapolda Metro Jaya itu sangat paham situasi lapangan. Intinya pejabat tinggi Madya dengan kebutuhan yang memahami situasi lapangan,” ungkapnya.

Firman menegaskan, sosok Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil memang harus bisa menyelesaikan persoalan yang ada. Apalagi Jabar merupakan provinsi besar dan pengelolaannya juga tidak akan mudah.

Firman menegaskan, sosok Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil memang harus bisa menyelesaikan persoalan yang ada. Apalagi Jabar merupakan provinsi besar dan pengelolaannya juga tidak akan mudah.(Yudha Krastawan)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03