6 May 2024 - 11:28 11:28

Pengamat Sarankan Kader Pertamina juga Diberi Peluang Jabat Dirut

WartaPenaNews, Jakarta – Pengamat energi yang juga Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria menyarankan pemerintah juga memberikan peluang kepada kader terbaik Pertamina untuk menjabat sebagai dirut BUMN itu.

“Sudah saatnya jabatan Dirut Pertamina juga diberikan kesempatan kepada kader terbaik mereka,” kata Sofyano dalam keterangan tertulisnya diterima , Jumat (15/11).

Karena, menurut dia, hingga saat ini sudah empat kali berturut turut jabatan Dirut Pertamina diisi oleh orang nonkarier dan ternyata hasilnya pun biasa-biasa saja.

“Apakah pemerintah yang berkuasa tidak percaya dengan kemampuan kader atau orang karir Pertamina sehingga tidak menempatkan mereka menduduki kursi Dirut Pertamina tersebut,” ujarnya.

Sofyano menambahkan jika nantinya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang terpilih sebagai Dirut Pertamina, maka membuktikan bahwa pemerintah masih tetap tidak “percaya” dengan kemampuan SDM atau orang karir Pertamina sehingga kembali memilih orang luar yang memimpin Pertamina.

“Seperti yang kita ketahui, apakah selama ini Dirut Pertamina dan atau Menteri BUMN tidak berhasil membina orang karir Pertamina sehingga mereka tidak dipercaya dan tidak pantas mendapat kesempatan memimpin Pertamina,” katanya.

Saat ini, informasi tentang akan diangkatnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai salah satu direksi BUMN di antaranya Direktur Utama Pertamina oleh Menteri BUMN Erick Thohir, mewarnai media cetak dan media daring tetapi juga di sejumlah media sosial.

Menurut dia, apabila Ahok yang nanti ditetapkan sebagai Dirut Pertamina maka Ahok termasuk orang kelima berturut-turut yang duduk sebagai Dirut Pertamina yang berasal dari orang nonkarir Pertamina.

Sebelumnya ada Karen Agustiawan, Dwi Sucipto, Elia Masa Manik dan Nicke Widyawati yang saat ini masih MENJABAT. Sebelumnya, jabatan Dirut Pertamina yang bukan orang karir Pertamina antara lain Martiono, Baihaki Hakim dan Widya Purnama. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

01
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

02
|
6 May 2024 - 09:13
4 Pelaku Penipuan Pengusaha Plastik di Tangerang Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Polisi mengamankan empat orang berinisial TM (29), GR (31), HH (37) dan ANS (24), pelaku penipuan dengan modus membeli plastik gilingan di Kabupaten Tangerang. Korban mengalami kerugian mencapai

03