28 April 2024 - 05:10 5:10

Pengamat Sebut Mar’uf Amin Tidak Dilibatkan Untuk Susun Kabinet

Jakarta, WartaPenaNews.com –Jokowi dan Maruf Amin resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia (RI) setelah dilantik pada Senin (21/10) lalu. Sejumlah nama yang akan mengisi kursi menteri kabinet Jokowi jilid II pun telah dipanggil ke Istana Negara.

Nama dan tokoh yang dipanggil Presiden antara lain, Mahfud MD, Erick Thohir, Arilangga Hartanto, Wishnuutama, Nadiem Makarim hingga Prabowo Subianto.

Pengamat politik dari Indonesia Political Network (IPN) Ahmed Rumalutur mengatakan absennya Maruf Amin dalam susunan kabinet menunjukan lemahnya kans politik Maruf Amin dalam peta politik di level elit.

“Tolok ukurnya bisa kita bandingkan dengan Jusuf Kalla (JK) pada 2014, ketika itu JK punya pengaruh dalam penentuaan menterinya, sangat menonjol siapa orang-orang JK waktu itu. JK juga punya peran kuat dalam diplomasi ekonomi dan politik luar negeri,” tegasnya di Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Ahmed, meskipun terlihat adem ayem dan tak memiliki pengaruh kuat di level elit namun dalam politik hal itu tak bisa dijustifikasi sebagai sebuah kelemahan politik.

“Saya tidak bisa menjustifikasi ini sebagai kelemahan politik Maruf Amin, sebab politik adalah “the art of the possible” mungkin saja ke depan ada manuver tak terduga dari Maruf Amin,” tambahnya.

Ia menambahkan yang menarik dalam pembentukan kabinet kali ini adalah adanya pertimbangan atau tekanan situasi politik ekonomi internasional yang mendesak Presiden untuk membentuk formasi kabinet yang aman.

“Jokowi ingin menstabilkan situasi politik di dalam negeri, agar nantinya dapat menghalau guncangan ekonomi global, sebab kita tahu, kondisi ekonomi global saat ini sedang tidak baik, ada ketakukan munculnya efek domino, sehingga perlu penguataan sendi-sendi ekonomi domestik,” tutupnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03