29 April 2024 - 18:08 18:08

Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik Dikebut

WARTAPENANEWS.COM – Pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik turut membawa dampak positif terhadap peningkatan kemampuan industri kecil dan menengah (IKM) alat angkut. Melalui inovasi dan proses pengembangan, IKM yang sebelumnya memproduksi komponen otomotif, kini ada yang membuat kendaraan listrik berupa sepeda listrik.

“Ekspos kendaraan listrik rancangan IKM di masyarakat harus lebih gencar lagi,” kata Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut (IKMA) Dini Hanggandari dalam sambutan tertulisnya pada pembukaan Pameran Kendaraan Listrik di Work Coffee Jakarta, Sabtu (18/11).
Dini mengungkapkan, IKM otomotif yang kini juga memproduksi sepeda listrik adalah PT Eran Teknikatama dengan produknya E-Run, dan PT Ganding Toolsindo dengan produknya GT-Bike. Selain itu, ada juga Pandawa, yaitu sepeda motor listrik pengembangan Rainbow Moto Builder. Karya anak bangsa ini perlu mendapat apresiasi, dan publikasi yang lebih luas lagi, diantaranya melalui pelaksanaan pameran oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian.
Kegiatan pameran ini ditujukan untuk meningkatkan promosi dan memperluas akses pemasaran bagi IKM alat angkut di industri kendaraan listrik. Sehingga, pada pameran ini juga menampilkan komponen kit konversi produksi dalam negeri dari AZN Motor, yaitu berupa BLDC motor yang telah memiliki sertifikat TKDN dengan nilai TKDN sebesar 61,24%.
Terdapat pula karya hasil pengembangan kreasi sepeda motor listrik oleh SMK atas pelaksanaan kolaborasi pembinaan antara PLN UIP2B Jamali dengan Rainbow Moto Builder. Kolaborasi tersebut merupakan langkah baik dalam mempersiapkan SDM kompeten untuk industri KBLBB di Indonesia yang diharapkan dapat mendukung peningkatan kontribusi sektor industri otomotif terhadap PDB nasional.
Pada triwulan III tahun 2023, BPS mencatat industri pengolahan tumbuh sebesar 5,20 persen (y-on-y). Pertumbuhan ini salah satunya didukung oleh kinerja industri alat angkutan yang tumbuh hingga 7,31 persen (y-o-y). Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan domestik unit sepeda motor pada Januari-Oktober 2023 tercatat sebanyak 5,23 juta unit, naik 26,2 persen dari periode yang sama tahun 2022.
Sebagai upaya percepatan industrialisasi KBLBB, telah diterbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 tahun 2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Perhitungan Nilai TKDN Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle). Dalam aturan tersebut, Kementerian Perindustrian memiliki tugas dari sisi suplai, diantaranya dalam memastikan produksi KBLBB, serta pembangunan industri bahan baku dan komponen.
Dalam rantai pasok industri otomotif, IKM alat angkut memiliki peran dalam mensuplai komponen single part kepada APM sebagai tier 2 ataupun tier 3. Artinya, produk IKM tersebut telah memenuhi standar kualitas tertentu yang ditetapkan APM. Peran IKM inilah yang diharapkan dapat diperkuat dalam mewujudkan target produksi KBLBB di Indonesia.
Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka melaksanakan program pembinaan guna mendukung penguatan peran IKM dalam pengembangan ekosistem KBLBB di Indonesia. Dalam penguatan kompetensi SDM IKM, telah dilaksanakan kegiatan bimtek konversi kendaraan listrik di NTB dan Bali pada tahun 2022, serta di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada tahun 2023 ini.
Dalam pengembangan produk kendaraan listrik, telah dilaksanakan kegiatan bimtek pengelasan dan fasilitasi mesin peralatan bagi IKM di Purbalingga untuk mendukung pembuatan prototipe sepeda motor listrik bersama dengan Rainbow Moto Builder di tahun 2022. Dari sisi rantai pasok, Ditjen IKMA juga berupaya dalam mendorong IKM di sentra produksi untuk dapat berperan sebagai supplier bagi IKM produsen sepeda listrik. Ini juga dilakukan melalui program link and match.
Dengan keikutsertaan pada Pameran Kendaraan Listrik ini, IKM alat angkut diharapkan bisa meningkatkan promosi produknya, serta dapat memperluas jaringan pemasaran serta bisa meraih pasar potensial IKM Alat Angkut, dan pada akhirnya mampu memberikan kontribusi yang lebih besar lagi terhadap kemajuan industri di Tanah Air. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03