27 February 2024 - 14:22 14:22

Penghujung Musim Hujan 2023, Kejadian Bencana Meningkat

wartapenanews.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat peningkatan kejadian bencana di Indonesia pada penghujung musim hujan 2023.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melaporkan, 60 kejadian bencana di periode 27 Februari-5 Maret 2023.

“Mungkin kita sudah penghujung musim hujan. Tapi, ada beberapa fenomena tidak hanya di wilayah Indonesia. Pengumpulan atau konvergensi curah hujan yang membuat ada intensitas hujan ekstrem di beberapa tempat,” kata Abdul dalam Disaster Briefing, Senin (6/3/2023).

Kejadian paling banyak masih didominasi bencana hidrometeorologi basah, dengan banjir 30 kali kejadian, cuaca ekstrem 22 kali kejadian, dan tanah longsor 8 kali kejadian.

Pergeseran curah hujan dari wilayah Jawa, naik ke wilayah Indonesia bagian utara, yakni Sumatera bagian tengah ke Utara, Kalimantan. Selanjutnya, Sulawesi mengakibatkan potensi bencana hidrometeorologi basah pada awal Maret.

Dilaporkan pada Minggu (5/3/2023) lima orang meninggal dunia. Namun, pada Senin hari ini, BNPB mendapatkan laporan dari Natuna, Kepulauan Riau, terdapat longsor yang sangat masif. Sejauh ini, 10 orang ditemukan tewas akibat bencana alam tersebut. Puluhan korban meninggal lainnya diprediksi masih tertimbun longsor. “Ini informasinya kampung satu, kampung yang terkena longsor. Masih kita pastikan, karena akses cukup sulit. Masih cuaca ekstrem, curah hujan masih tinggi,” kata Abdul.

Selain itu, beberapa lokasi yang masih tergolong basah pada awal Maret 2023, seperti di Pulau Jawa, yakni Tegal, Wonogiri, Sragen, Rembang, Gresik. Kemudian, Pulau Kalimantan di Bengkayang, dan Kupang (Nusa Tenggara Timur).

“Ada beberapa kondisi kondisi regional yang menyebabkan Pantura Jawa, sebagian besar Kalimantan, dan khususnya di Kepulauan Riau itu cukup tinggi intensitasnya,” kata Abdul menambahkan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03