2 Februari 2023 - 18:47 18:47
728x90

Penjual Buku Ajaran Komunisme Bisa Dijerat Pidana

WartaPenaNews, Jalarta – Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat Anton T. Digdoyo mendukung tindakan aparat keamanan menggrebek sebuah toko buku yang menjual buku berisi faham ajaran komunisme di Kediri, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

“Penjualnya pun bisa dipidana, karena termasuk unsur klausul hukum menyebarkan faham komunisme yang dilarang di seluruh wilayah NKRI,” tegas Anton dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/12/2018).

Ia menilai upaya para anggota Babinsa Koramil Pare Kediri dan Satuan Kodim Kediri sebagai tindakan konstitusional sesuai Tap MPRS nomor XXV/1966, tentang larangan penyebaran paham komunisme, leninisme, dan Marxisme, serta Pasal 170 KUHP jo UU nomor 27 Tahun 1999 dengan ancaman pidana penjara selama 12 tahun.

“Buku-buku tentang PKI yang disita aparat telah memenuhi unsur pasal-pasal pidana. Jadi sudah cukup ada payung hukumnya,” ujar Anton.

Lain halnya dengan beredarnya buku Jokowi Undercover yang menjerat penulisnya Bambang Tri Mulyono. Anton justru mengatakan sebaliknya, penulisnya tak bisa dipidana karena tindakannya itu tak memiliki payung hukum. “Silahkan dibedah di kampus-kampus untuk menggli kebenaran isinya,” pungkas mantan jenderal polri tersebut.

Sebelumnya sejumlah aparat Babinsa dan Koramil Pare, Kediri menggrebek dan menyita sejumlah buku ajaran komunisme dari sebuah toko buku di Jl.Brawijaya Kediri. Tindakan aparat ini terekam video dan menjadi viral di media sosial. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03