21 April 2024 - 21:51 21:51

Penyidik Bareskrim Hari Ini Periksa 1 Tersangka TPPO Mahasiswa ke Jerman

WARTAPENANEWS.COM –  Penyidik Bareskrim Polri bakal memeriksa satu tersangka kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) 1.047 mahasiswa dengan modus program magang ke Jerman, Rabu (3/4/2024).

“Betul (dipanggil untuk diperiksa hari ini),” kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskri Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro saat dikonfirmasi, Rabu (3/4/2024).

Djuhandani juga membenarkan bahwa satu tersangka itu adalah Guru Besar Universitas Jambi, Sihol Situngkir (SS) yang diagendakan menjalani pemeriksaan pukul 10.00 WIB.

“Semoga yang bersangkutan memenuhi panggilan kita,” ucapnya.

Sebelumnya, Sihol Situngkir menegaskan bakal menghadiri panggilan hari ini, namun ia membantah terlibat dalam kasus TPPO.

Sihol mengatakan bahwa dirinya tidak pernah memaksa pihak kampus untuk mengikuti mahasiswanya dalam program magang ke Jerman, ia hanya bertugas mensosialisasikan.

“Saya tidak memcampuri rekruitmen mahasiswa dan lain-lain, no time, karena saya banyak pekerjaan lain, saya karena dianggap mereka saya mampu menjelaskan ini, setiap rektor ya harus mampu menjelaskan ini,” kata Sihol kepada wartawan, dikutip Selasa, (2/4/2024).

Sihol mengaku merasa dikorbankan dalam kasus ini, karena niatnya adalah mensosialisasikan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) milik Kemendikbud.

Diketahui, ada dua tersangka berinisial ER alias EW (perempuan) dan A alias AE (perempuan), yang berafiliasi dengan PT. SHB dan PT CVGEN. Keduanya merupakan agen yang mengenalkan program magang ke Jerman dengan klaim MBKM.

“Saya sekali guru besar, masa program Nadiem Makarim tidak kita… Programnya bagus, cuma persoalan kalau ada bias bias di lapangan itu urusan pelaksana di lapangan, saya bukan pelaksana lapangan,” ucapnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03