8 May 2024 - 04:29 4:29

Perawatan Ayam Bangkok Diduga Turut Merambah ke TPU Prumpung

Sejumlah petugas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur menertibkan bangunan pagar dan kandang hewan ternak saat terjadi alih fungsi lahan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Prumpung, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara hingga viral belum lama ini. Foto: Istimewa

IPOL.ID – Dugaan praktik alih fungsi lahan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Prumpung, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur tidak hanya kandang berisi ayam kampung. Pada area TPU Prumpung bahkan terdapat alih fungsi lahan untuk tempat perawatan ayam bangkok.

“Perawatan ayam bangkok memang ada, juga burung balap,” ungkap Ketua RW 02 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Iwan saat dikonfirmasi awak media di Jatinegara, Jumat (16/6).

Ayam bangkok sendiri dikenal memiliki harga tinggi karena posturnya yang tegak, kekar sehingga kerap digunakan sebagai aduan di arena sabung ayam.

Namun lebih jauh, untuk kasus di TPU Prumpung, Iwan tidak mengetahui pasti apakah tempat perawatan ayam bangkok di area makam tersebut digunakan untuk sabung ayam atau tidak.

Karena Iwan baru lima bulan menjadi Ketua RW 02, Kelurahan Cipinang Besar Utara, sehingga belum dapat memastikan terkait ada atau tidaknya arena tempat sabung ayam tersebut.

“Kalau sabung ayam saya kurang tahu,” ujar Iwan.

Sepengetahuan Iwan, hanya alih fungsi lahan TPU Prumpung untuk tempat perawatan ayam bangkok sudah berlangsung bertahun-tahun dan dibiarkan karena tak pernah ditertibkan.

Iwan menambahkan, sebagai pengurus lingkungan tidak dapat berbuat maksimal untuk melarang alih fungsi lahan di TPU Prumpung, sehingga berharap adanya penertiban dari pihak pemerintah.

Untuk itu, Iwan mendukung rencana penertiban alih fungsi lahan di TPU Prumpung yang bakal dilakukan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta dalam waktu dekat.

“Tapi harus dilakukan secara persuasif dan bijak karena masalah ini kan sudah pembiaran yang berlangsung puluhan tahun. Sehingga tidak mudah juga untuk melakukannya,” tukas Iwan.

Sementara, dia pun menyarankan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta terlebih dahulu melakukan sosialisasi penertiban ke warga di sekitar TPU Prumpung untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. (Joesvicar Iqbal)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03