28 April 2024 - 08:22 8:22

Perayaan Hari Raya Idul Adha, Begini Pesan Ma’ruf Amin

wartapenanews.com – Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan makna sosial dari perayaan Hari Raya Idul Adha pada Minggu (10/7) besok. Ma’ruf mengatakan menyembelih hewan kurban, selain merupakan wujud pelaksanaan tuntunan agama, juga mengandung dampak sosial yang positif.

Dampak positif itu karena dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Selain itu, kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pasca pandemi seperti sekarang ini,” kata Ma’ruf dalam tayangan video ucapan Hari Raya Idul Adha 1443 H, Sabtu (9/7).

Karena itu, Ma’ruf mengatakan menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkad atau sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan, kata dia ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

“Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunnah muakkadah untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban,” tuturnya.

Di tengah mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak saat ini, ia mengimbau kepada para penyedia hewan kurban agar menyiapkan hewan yang benar-benar sehat.

“Sebab berkurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah. Di samping itu, daging dari hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan dan dinikmati oleh masyarakat luas,” kata Ma’ruf.

Lebih lanjut, Ma’ruf mengucapkan selamat Idul Adha kepada segenap umat Islam di seluruh tanah air. Ia berharap perayaan Idul Adha kali ini semakin mempererat persaudaraan sesama manusia.

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, semoga perayaan Iduladha ini dapat semakin meningkatkan keimanan, ketaatan, dan kepatuhan kita kepada Allah SWT,” kata dia.

“Dan di tengah pandemi COVID-19 ini semoga semangat berkurban akan semakin mempererat persaudaraan antara sesama manusia,” tutup dia.

Ma’ruf beserta Wury Ma’ruf Amin merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H ini di tanah suci Makkah sembari melaksanakan ibadah haji. Dia berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini setelah mendapatkan undangan khusus dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03