7 May 2024 - 13:50 13:50

Peringati Hari Bumi, Sharp Indonesia Deklarasikan Komitmen Pelestarian Lingkungan

WartaPenaNews, Jakarta – Peringatan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2019 lalu membawa pesan penting bagi masyarakat dunia untuk terus menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Melalui tema “Lindungi Spesies Kita”, Hari Bumi kali ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan meningkatnya angka kepunahan keanekaragaman hayati khususnya hewan di bumi akibat perilaku manusia yang tidak bijak.

Menyadari hal tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia melalui perayaan Hari Bumi, kembali mengajak komunitas muda pecinta lingkungan Sharp Greenerator dan karyawannya mendeklarasikan kembali janji untuk melestarikan bumi dan melaksanakan upaya penghijauan.

“Kondisi bumi dan kelangsungan hidup keanekaragaman hayati yang kian merosot wajib menjadi sorotan banyak pihak. Upayanya pun perlu dilakukan bersama-sama dan berkelanjutan. Hal inilah yang coba kami sampaikan kembali pada anggota Sharp Greenerator dalam kegiatan ‘Sharp Greenerator Inauguration dan Workshop’, agar mereka terus memiliki semangat untuk menginisiasi aksi hijau dan mendorong masyarakat di sekitarnya,” ujar Pandu Setio, PR & Brand Communications Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

“Maka, selain menyambut anggota baru di kegiatan ini, kami sekaligus membekali mereka dengan materi penting seputar sampah, keanekaragaman hayati, hingga aksi nyata pelestarian lingkungan,” terangnya.

Mengusung kampanye bebas plastik yang selama ini digaungkan oleh Sharp Greenerator, maka pada kegiatan ini diselenggarkan pula pendalaman materi terkait pengelolaan sampah khususnya sampah plastik guna meningkatkan kesadaran anggota akan bahaya sampah plastik bagi kelangsungan hewan di alam.

Materi yang disampaikan langsung oleh yayasan nirlaba Waste 4 Change memaparkan tentang dampak sampah dan pemilahan sampah yang bisa diterapkan dalam rumah tangga dan kehidupan sehari-hari.

Area Sentul Eco Edu Forest yang merupakan tempat pelatihan turut dimanfaatkan sebagai tempat belajar bagi seluruh anggota untuk berkenalan dengan keanekaragaman hayati yang semakin langka ditemui.

Seraya menyusuri hutan dan sungai, anggota Sharp Greenerator  mempelajari indikasi sebuah ekosistem yang sehat, tidak hanya itu mereka pun melakukan aksi nyata dengan memungut sampah plastik yang bertebaran di hutan dan sungai untuk dipindahkan sesuai tempat dan nantinya disalurkan ke TPS terdekat untuk selanjutnya diolah sesuai jenisnya.

Kegiatan perayaan Hari Bumi Sharp Indonesia bersama komunitas lingkungan Sharp Greenerator ditutup dengan penanaman sebanyak 22 pohon endemik di area pelatihan.

Upaya pelestarian lingkungan tidak hanya ditanamkan kepada anggota Sharp Greenerator, tetapi juga diberlakukan kepada seluruh karyawan Sharp Indonesia. Bertepatan dengan Hari Bumi, manajemen Sharp Indonesia pun merilis sebuah surat komitmen yang ditujukan bagi seluruh karyawan Indonesia.

Surat komitmen yang ditandatangani Tadashi Ohyama, CEO PT Sharp Electronics Indonesia dan Shinji Teraoka, President Director PT Sharp Electronics Indonesia mengingatkan seluruh karyawan untuk berkontribusi mengurangi sampah plastik dengan cara membawa botol minuman dan tempat makan sendiri ke area kantor, mengurangi dan menggunakan kembali limbah plastik yang dihasilkan untuk kegiatan lainnya.

Atas aksinya ini beberapa bulan lalu, Sharp Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan akan keberhasilannya mengolah sampah plastik menjadi barang yang berguna dan menunjang kegiatan penghijauan di area pabrik utamanya di Karawang.

“Kami berharap kontribusi kecil kami dengan mendorong karyawan untuk melakukan perubahan-perubahan kecil untuk alam di keseharian pribadi maupun kantor mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan,” tutup Pandu. (sol)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03