26 May 2024 - 03:11 3:11

Persija Tak Bisa Gunakan Pemain Barunya, PSSI Dinilai Lambat

WartaPenaNews, Jakarta – Persija Jakarta tidak bisa memainkan empat pemain barunya di babak kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2019. Hal itu, dikarenakan keterlambatan PSSI membuka jendela transfer bagi klub-klub Indonesia.

Dalam keterangan resminya, PSSI sudah melakukan koordinasi dengan konfederasi sepak bola Asia, AFC. Namun, pihak AFC tidak menyetujui permohonan dispensasi International Transfer Cerificate (ITC) untuk pemain Persija.

“Kami sudah berupaya maksimal meminta dispensasi dari AFC, namun tidak bisa dipenuhi,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, Rabu (23/1).

Keempat pemain anyar Persija tersebut adalah Bruno Matos asal Brasil, Vinicius Lopes Laurino alias Neguete (Brasil), dan Jahongir Abdumuminov (Uzbekistan), dan Ryuji Utomo yang dipulangkan dari Liga Thailand.

Sesuai regulasi FIFA, keempat pemain itu tak bisa ikut dalam kualifikasi LCA karena didatangkan dari luar Indonesia. Mereka harus mengantongi ITC sebagai bukti telah sah meninggalkan klub sebelumnya.

Proses ITC tidak bisa dilakukan sebab PSSI belum membuka jendela transfer pemain. PSSI baru membuka jendela transfer itu pada 15 Februari sampai 9 Mei 2019. Padahal batas akhir pendaftaran di AFC untuk ikut LCA pada Senin (21/1) lalu.

“Kami menghormati agenda nasional Pemilihan Presiden 2019. Karena itu, Liga 1 baru bisa kita putar dua mingggu setelahnya, yakni antara 1-8 Mei 2019. Dengan demikian, periode jendela transfer pemain yang hanya diperbolehkan berdurasi 84 hari harus disesuaikan dengan waktu kick off, agar 18 Klub Liga 1 dapat mempersiapkan pemain dengan baik,” tutur Tisha.

Persija sendiri akan menghadapi raksasa Singapura, Home United. Tim Macan Kemayoran akan menjalani putaran pertama babak kualifikasi LCA di Stadion Jalan Besar, Singapura pada 5 Februari mendatang. (dbs)

Daftar Pemain Persija melawan Home United :
1. Andritany Ardhiyasa
2. Shahar Ginanjar
3. Daryono
4. Rezaldi Hehanusa
5. Dany Saputra
6. Maman Abdurrahman
7. Ismed Sofyan
8. Tony Sucipto
9. Sandi Darman Sute
10. Septinus Alua
11. Ramdani Lestaluhu
12. Nugroro Fatchurochman
13. Yan Pieter Nasadit
14. Fitra Ridwan
15. Heri Susanto
16. Novri Setiawan
17. Riko Simanjuntak
18. Marko Simic
19. Bambang Pamungkas
20. Satu pemain pinjaman

Empat nama yang ITC belum selesai:
1. Vinicius Lopes Laurindo
2. Ryuji Utomo
3. Jakhongir Abdumuminov
4. Bruno Matos

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03