Perut Berbunyi Saat Lapar, Ini Penjelasannya

oleh -
Ilutrasi Makan Nasi Foto: Hello Sehat

WartaPenaNews, Jakarta – Pernah gak sih kalian ngeliat film atau kartun yang sering memperlihatkan karakter yang sedang merasa lapar dan perutnya berbunyi dan apakah kalian bertanya-tanya mengapa perut bisa berbunyi ketika anda merasa lapar?

Saat perut dalam keadaan kosong dan lapar, perut terkadang mengeluarkan bunyi gemuruh kecil. Dalam bahasa Yunani kondisi ini disebut dengan “borborygmi.” Sementara itu, masyarakat kita biasa menyebutnya dengan “keroncongan.”

Bunyi perut umumnya terkait dengan rasa lapar, namun seperti dikutip dari Citizen6 dan Menshealth, sebenarnya perut mengeluarkan bunyi sepanjang waktu tidak hanya saat lapar saja.

BACA JUGA:   Tips Agar Wajahmu Cerah Secara Alami

Suara gemuruh dari dalam perut sebetulnya berasal dari gas berlebih yang bergerak bolak-balik di dalam saluran pencernaan. Suara gemuruh di perut itu merupakan indikasi bahwa kita perlu mengisi perut untuk membantu saluran pencernaan mendapatkan nutrisi yang perlukan dari darah.

Akan mereda ketika perut kenyang

Ketika perut dalam keadaan kenyang pun perut bisa bergemuruh. Namun, suara yang timbul cenderung lebih halus tak sekeras ketika perut dalam keadaan kosong.Ketika perut diisi makanan, suara gemuruh akan mereda. Saluran pencernaan pun akan fokus menyerap makanan alih-alih hanya mengalirkan udara bolak-balik.

BACA JUGA:   Rentan Terhadap Perempuan, Ini Tips Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Bisa jadi masalah pencernaan

Bunyi perut memang menjadi hal yang lumrah. Namun, jika kamu mengalami bunyi perut yang semakin sering, bisa jadi itu pertanda masalah pencernaan atau bahkan pertanda kamu akan mengalami diare. (mus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *