29 March 2024 - 21:05 21:05

Perut Berbunyi Saat Lapar, Ini Penjelasannya

WartaPenaNews, Jakarta – Pernah gak sih kalian ngeliat film atau kartun yang sering memperlihatkan karakter yang sedang merasa lapar dan perutnya berbunyi dan apakah kalian bertanya-tanya mengapa perut bisa berbunyi ketika anda merasa lapar?

Saat perut dalam keadaan kosong dan lapar, perut terkadang mengeluarkan bunyi gemuruh kecil. Dalam bahasa Yunani kondisi ini disebut dengan “borborygmi.” Sementara itu, masyarakat kita biasa menyebutnya dengan “keroncongan.”

Bunyi perut umumnya terkait dengan rasa lapar, namun seperti dikutip dari Citizen6 dan Menshealth, sebenarnya perut mengeluarkan bunyi sepanjang waktu tidak hanya saat lapar saja.

Suara gemuruh dari dalam perut sebetulnya berasal dari gas berlebih yang bergerak bolak-balik di dalam saluran pencernaan. Suara gemuruh di perut itu merupakan indikasi bahwa kita perlu mengisi perut untuk membantu saluran pencernaan mendapatkan nutrisi yang perlukan dari darah.

Akan mereda ketika perut kenyang

Ketika perut dalam keadaan kenyang pun perut bisa bergemuruh. Namun, suara yang timbul cenderung lebih halus tak sekeras ketika perut dalam keadaan kosong.Ketika perut diisi makanan, suara gemuruh akan mereda. Saluran pencernaan pun akan fokus menyerap makanan alih-alih hanya mengalirkan udara bolak-balik.

Bisa jadi masalah pencernaan

Bunyi perut memang menjadi hal yang lumrah. Namun, jika kamu mengalami bunyi perut yang semakin sering, bisa jadi itu pertanda masalah pencernaan atau bahkan pertanda kamu akan mengalami diare. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03