28 March 2024 - 19:22 19:22

PM Prayut Janji Akan Cabut Status Darurat

WartaPenaNews, Thailand – Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, mengatakan akan mencabut status darurat yang dia terapkan pekan lalu, untuk menghentikan aksi unjuk rasa selama tiga bulan terakhir. Status darurat dicabut sebab semakin memicu demonstrasi oleh puluhan ribu orang, yang menuntut PM untuk mengundurkan diri.

“Saya akan mengambil langkah pertama untuk meredakan situasi ini. Saya saat ini bersiap untuk mencabut keadaan darurat parah di Bangkok dan akan segera melakukannya, jika tidak ada insiden kekerasan,” kata Prayut dalam pidatonya, seperti diberitakan Channel News Asia, Kamis, 22 Oktober 2020.

Status darurat itu melarang pertemuan yang bersifat politis antara lima orang atau lebih, dan publikasi informasi yang dianggap mengancam keamanan. “Sekarang kita harus mundur dari tepi lereng licin yang mudah bergeser menjadi kekacauan,” kata dia.

Unjuk rasa selama beberapa bulan terakhir ini menjadi tantangan terbesar bagi Thailand selama bertahun-tahun terakhir. Bahkan unjuk rasa ini menjadi aksi protes paling terbuka terhadap monarki, meski undang-undang lese majeste menetapkan hukuman penjara hingga 15 tahun bagi siapa pun yang menghina keluarga kerajaan.

Puluhan ribu orang berdemonstrasi di Government House untuk menuntut pengunduran diri PM Prayut serta pencabutan status darurat, dan pembebasan puluhan aktivis yang ditangkap dalam tindakan kekerasan.

Para demonstran menuduh Prayut telah merekayasa pemilu tahun lalu untuk mempertahankan kekuasaan yang direbutnya dalam kudeta militer tahun 2014 lalu. Tuntutan lain dari pengunjuk rasa adalah konstitusi baru dan reformasi raja yang disebut telah mendominasi militer selama bertahun-tahun.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03