17 June 2024 - 02:57 2:57

PNS Dilarang Pakai iPhone, Apple Rugi Rp3.067 Triliun

WARTAPENANEWS.COM – Raksasa teknologi dari Amerika Serikat, Apple mengalami penurunan signifikan dalam saham dan nilai pasar mereka menyusul kebijakan baru dari pemerintah China. Menurut laporan, pemerintah China telah melarang pegawai dan pejabat pemerintah menggunakan produk elektronik dari Apple dan perusahaan Amerika lainnya.

Saham Apple tercatat turun sebesar 2,9% pada Kamis, mempengaruhi posisi perusahaan dalam indeks Dow Jones. Menurut data dari CNN, ini merupakan penurunan harian terbesar dalam sebulan terakhir. Perusahaan ini kehilangan nilai pasar sekitar $200 miliar atau setara dengan Rp 3.067 triliun dalam waktu dua hari.

China adalah pasar luar negeri terbesar bagi Apple, dengan penjualan di negara ini mencapai sekitar 20% dari total pendapatan perusahaan tahun lalu. Analis dari TechInsight memperkirakan bahwa penjualan iPhone di China bahkan lebih besar dibandingkan di AS pada kuartal terakhir.

Apple juga merupakan aktor penting dalam perekonomian China, memproduksi sebagian besar perangkat iPhone di berbagai pabrik di negara itu. “Ini menimbulkan sebuah pertanyaan penting. Apakah pemerintah China mengubah pendiriannya terhadap Apple?” tanya analis dari KeyBanc Capital, Brandon Nispel.

Laporan ini datang setelah perusahaan teknologi China, Huawei, merilis smartphone terbaru mereka, Huawei Mate 60 Pro, yang didukung oleh chip buatan China. Analis dari Bank of America menilai bahwa kebijakan ini mungkin merupakan langkah strategis China menyusul peluncuran produk baru dari Huawei.

Saat ini, masih belum jelas bagaimana kebijakan ini akan mempengaruhi produksi dan operasional Apple di China dan global. Selain itu, perlu ditunggu apakah akan ada langkah diplomasi atau negosiasi antara pemerintah AS dan China terkait masalah ini.

Dengan kondisi ini, Apple menghadapi tantangan signifikan dalam mempertahankan posisinya di pasar global, terutama di China yang merupakan salah satu pasar terbesarnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
15 June 2024 - 13:16
Libur Iduladha, Penumpang Kereta di Yogyakarta Meningkat

WARTAPENANEWS.COM – Jelang Idul Adha 2024, penjualan tiket kereta api jarak jauh keberangkatan awal stasiun di Daop 6 mengalami peningkatan. Total ada 88.401 tiket yang terjual untuk tanggal 13 Juni

01
|
15 June 2024 - 12:37
Sepanjang 2024, 1.008 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Bantul

WARTAPENANEWS.COM – Polres Bantul mencatat sepanjang Januari hingga Juni 2024 ini ada 1.008 kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bantul. Dari jumlah itu, 1.258 orang luka ringan dan 71 orang meninggal

02
|
15 June 2024 - 12:14
Jalanan di Jakarta Lengang saat Libur Panjang Idul Adha

WARTAPENANEWS.COM – Long weekend Hari Raya Idul Adha membuat sejumlah ruas jalan di Jakarta tampak lengang dari padatnya kendaraan. Idul Adha akan dirayakan pada Senin (17/6) mendatang. Libur panjang digunakan

03