28 April 2024 - 01:33 1:33

Pola Makan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

WARTAPENANEWS.COM –   Tumbuh kembang anak adalah masa penting dalam pembentukan fisik, mental, dan emosional mereka.

Anak-anak sangat aktif dan memiliki kebutuhan nutrisi tinggi untuk mendukung perkembangan sel-sel tubuh dan otak mereka.

Nutrisi yang cukup dan seimbang memainkan peran krusial dalam membantu fungsi otak, mengoptimalkan tingkat energi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Anak-anak yang mendapatkan asupan nutrisi yang baik memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap berbagai penyakit, dan juga memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih baik dalam belajar.

Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH menegaskan aspek tumbuh kembang anak selalu harus diperhatikan serius.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua terkait tumbuh kembang, seperti pertumbuhan dan perkembangan fisik berupa perubahan jumlah sel dan ukuran besar organ, mulai dari tingkat sel hingga terbentuk organ yang lengkap,” kata Bernie, Jakarta, Kamis, (7/9/2023).

Lalu tidak hanya itu, perkembangan lainnya yaitu maturasi dan fungsi tubuh, seperti perkembangan fungsi intelektual yang bisa dilihat dari kemampuan anak secara simbolik maupun abstrak, seperti berbicara, bermain, berhitung, membaca dan lainnya.

Pertumbuhan dan perkembangan emosional sang buah hati dapat diamati dari perilaku sosial di lingkungannya.

Untuk tumbuh kembang yang baik, kesehatan anak harus baik dan ditunjang dengan nutrisi, stimulasi, dan lingkungan yang baik pula. Namun, sebagian orang tua belum memahami dimensi tumbuh kembang anak ini.

“Mereka menganggap bahwa selama tidak sakit, berarti anak tidak mengalami masalah kesehatan termasuk tumbuh kembang,” tutur dr. Bernie.

Masih menurutnya, kegagalan pertumbuhan dan perkembangan di masa balita dapat berpengaruh pada kehidupannya di masa dewasa.

Perkembangan seorang anak dipengaruhi banyak faktor, di antaranya adalah status gizi. Status gizi dipengaruhi kebiasaan makan.

Kebiasaan makan yang sehat pada anak penting untuk mencegah keterlambatan pertumbuhan dan masalah gizi akut pada anak yang akan memengaruhi perkembangan anak.

Lebih jauh dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals menjelaskan pentingnya pemenuhan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang anak.

“Nutrisi merupakan faktor mutlak yang diperlukan tubuh dalam proses tumbuh kembang. Anak usia dini atau disebut juga dengan masa prasekolah mulai melatih berbagai gerakan refleks fisik motorik, dan panca indera, sehingga siap untuk menempuh pendidikan di tahap selanjutnya yaitu pendidikan dasar,” papar Muliaman.

Di usia dini ini, anak mulai belajar berbagai hal. Rasa ingin tahu yang besar, dan aktivitas yang banyak harus diimbangi dengan nutrisi yang bergizi.

Untuk itu penting bagi orang tua memberi pola makan tepat yang mendukung tumbuh kembang.

Faktor yang paling memengaruhi kebiasaan makan anak adalah pengetahuan dan pola asuh orang tua.

Orang tua yang memiliki pengetahuan tentang kecukupan gizi seimbang diiringi pola asuh yang baik dapat meningkatkan kualitas kebiasaan makan anak.

Artinya ada hubungan signifikan antara kebiasaan makan dengan capaian gizi anak.

Anak yang memiliki kebiasaan makan yang baik dapat terpenuhi kecukupan gizinya.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03