29 March 2024 - 18:51 18:51

Polda Metro Jaya Kaji Penerapan Tilang Ganjil-Genap

ganjil genap

WartaPenaNews, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengkaji kemungkinan menerapkan sanksi tilang bagi pelanggar kebijakan pembatasan mobilitas kendaraan bermotor dengan sistem plat nomor ganjil-genap.

“Untuk penindakan dengan tilang nanti kita akan kaji bersama apakah minggu depan sudah bisa dilaksanakan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa.

Sambodo juga menambahkan, untuk saat ini pelanggar ganjil-genap hanya dikenakan sanksi putar balik.

Dia menambahkan, pekan depan Kepolisian akan tetap menerapkan sanksi putar balik dan ditambah dengan sanksi tilang terhadap kendaraan yang melanggar tetapi sudah berada di tengah ruas jalan ganjil-genap.

“Kalau kita temukan sudah berasa di tengah kawasan, misalnya, Jalan Rasuna Said, mungkin dia menerobos dan sebagainya bisa saja kemudian kita lakukan penindakan dengan tilang,” katanya.

Namun sebelum sanksi tilang diberlakukan, Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan terlebih dulu memasang rambu ganjil-genap dan menggelar sosialisasi.

“Setelah itu kita melaksanakan penindakan dengan tilang Pasal 287 ayat 1 tentang pelanggaran rambu,” ujar Sambodo.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengumumkan perpanjangan pemberlakuan sistem ganjil-genap di Jakarta hingga 30 Agustus 2021.

Namun kawasan pemberlakuan sistem ganjil-genap dikurangi menjadi hanya tiga kawasan yakni Jalan Sudirman, Jalan Thamrin dan Jalan Rasuna Said.

Jam penerapan sistem ganjil-genap ini juga masih sama dengan sebelumnya, yakni pukul 06.00-20.00 WIB dengan pengecualian bagi sepeda motor, kendaraan umum pelat kuning, plat dinas TNI-Polri dan kendaraan dinas pelat merah. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03