24 April 2024 - 13:48 13:48

Polis Bakal Razia Pengguna Knalpot Berisik dan Ban Cacing

WartaPenaNews, Jakarta – Salah satu keunikan dari modifikasi kendaraan, yakni terkadang apa yang kita lakukan menjadi tren dan diikuti oleh banyak orang. Sayangnya, tidak jarang ubahan yang dilakukan justru salah kaprah, seperti mengganti knalpot dengan model balap bersuara kencang.

Modifikasi lain pada sepeda motor yang saat ini sedang digandrungi, yaitu mengganti ban standar dengan ukuran lebar yang lebih kecil. Hal ini biasa dikenal dengan istilah ban cacing, karena bentuknya kecil mirip hewan tak bertulang itu.

Hal ini tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun juga berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan merugikan pengguna jalan lainnya. Tak heran, apabila kemudian petugas kepolisian meminta para pemilik kendaraan itu untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

Seperti yang terjadi di Magelang, Jawa Tengah. Dilansir dari laman Facebook @Bekakas, Selasa 30 Juni 2020, sebuah foto memperlihatkan tumpukan knalpot dan pelek dengan ban cacing dikumpulkan oleh polisi.

Petugas meminta pemilik kendaraan untuk melepas dua benda tersebut dari motor, dan memasang pelek serta knalpot bawaan pabrik. Knalpot balap yang sudah dilepas, diminta untuk dihancurkan dengan menggunakan palu agar tidak lagi bisa digunakan.

Mengganti knalpot standar dengan versi balap diklaim bisa membuat akselerasi kendaraan jadi lebih cepat. Tapi, seringnya pemilik motor melakukan itu hanya demi gaya semata, tanpa mempedulikan efek bising yang dihasilkan pada lingkungan sekitar.

Sementara, penggunaan ban cacing bisa membuat laju motor jadi kurang stabil, terutama saat melintasi permukaan licin atau belokan. Alasannya, karet yang menempel di aspal jumlahnya lebih sedikit dari yang dibutuhkan untuk bisa meluncur dengan aman. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03