29 March 2024 - 22:06 22:06

Polisi Tahan Guru Pramuka SMPN 1 Turi Terkait Kasus Siswa Hanyut di Sleman

WartaPenaNews, Jakarta – Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta telah menahan seorang guru SMPN 1 Turi, Sleman, yang menjadi tersangka insiden ratusan siswa Pramuka susur sungai yang hanyut di Kali Sempor, Sleman, Jumat (21/2/2020).

“Tadi malam telah dilakukan penahanan terhadap tersangka (IYA) karena melakukan kelalaian sehingga menimbulkan korban jiwa,” ujar Wakapolda Brigjen Karyoto, Minggu (23/2/2020).

Kegiatan Pramuka di SMP Negeri 1 Turi yang dikemas dalam acara susur Sungai Sempor pada Jumat, 21 Februari berujung duka. Ada 10 orang siswa yang meninggal dunia karena hanyut terseret arus Sungai Sempor.

Karyoto menjabarkan jika tersangka IYA berstatus sebagai guru PNS. IYA merupakan guru olahraga di SMP Negeri 1 Turi. “Tersangka baru satu yakni IYA. Tersangka benar guru olahraga di sekolah itu dan merupakan PNS,” ucap Karyoto.

Baca Juga: DPR Minta KPK Usut Penerbitan RIPH

“Sementara satu tersangka. Tapi kita kembangkan terus. Karena untuk menentukan tersangka baru butuh barang bukti yang cukup,” imbuh Karyoto.

Sebelumnya, polisi sudah memeriksa 13 orang sebagai saksi atas tragedi kematian sejumlah siswa SMP Negeri 1 Turi itu. Ke-13 orang yang diperiksa terdiri dari 7 orang pembina Pramuka, 3 orang warga, dan 3 orang dari Pramuka Kwartir Cabang Sleman.

Berdasarkan pemeriksaan itu, diketahui bahwa hanya empat dari enam guru yang turun ke sungai ketika kegiatan susur sungai itu berlangsung. Seorang pembina menunggu di garis finish, sedangkan seorang lainnya meninggalkan tempat kegiatan.

“Sehingga kami menaikkan status dari saksi dengan inisial IYA menjadi tersangka. Dia (IYA) pembina dan menjadi guru di sekolah itu (SMPN 1 Turi),” kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03