21 Maret 2023 - 14:49 14:49

Polisi Tangkap Beberapa Tersangka Pengeboman Masjid di Peshawar

wartapenanews.com – Pihak kepolisian Pakistan telah menahan beberapa orang yang diduga terlibat dalam insiden serangan bom di sebuah masjid di Peshawar, Senin (30/1/2023), yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Polisi mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa pelaku mendapat bantuan orang dalam untuk menghindari pemeriksaan keamanan.

Serangan bom itu adalah yang paling banyak menewaskan korban dalam satu dekade di Peshawar, kota yang bergolak di kawasan barat laut di dekat perbatasan dengan Afghanistan. Semua korban, kecuali tiga orang, adalah polisi. Ini merupakan korban terbanyak dalam satu serangan yang dialami pasukan keamanan Pakistan belakangan ini.

Pelaku beraksi pada hari Senin sore, sewaktu ratusan orang berkumpul untuk menunaikan ibadah salat Ashar di masjid yang dibangun khusus untuk polisi dan keluarga mereka yang tinggal di daerah yang dijaga ketat itu.

“Kami telah menemukan beberapa petunjuk, dan berdasarkan petunjuk ini, kami telah melakukan penangkapan besar. Kami tidak dapat mengesampingkan bantuan internal tetapi karena investigasi masih berlangsung, saya tidak dapat berbagi lebih banyak rincian,” kata Kepala Polisi Peshawar Ijaz Khan kepada Reuters, Rabu (1/2/2023).

Para penyelidik, yang mencakup pejabat intelijen dan kontraterorisme, memusatkan perhatian pada cara penyerang berhasil melewati pos-pos pemeriksaan militer dan polisi yang mengarah ke distrik Garis Polisi, sebuah kompleks era kolonial di pusat kota yang dihuni para personel polisi berpangkat menengah dan rendah beserta kerabat mereka.

Menteri Pertahanan Pakistan Khawaja Asif mengatakan, pelaku serangan berada pada saf pertama di ruangan salat sewaktu ia beraksi. Sisa-sisa jasad penyerang telah ditemukan, kata kepala polisi provinsi Moazzam Jah Ansari kepada Reuters. “Kami yakin para penyerang bukan berasal dari kelompok terorganisir,” tambahnya.

Kelompok militan paling aktif di daerah itu, Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) yang juga disebut Taliban Pakistan, telah membantah bertanggung jawab atas serangan tersebut. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab sejauh ini.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Rana Sanaullah telah memberitahu parlemen bahwa faksi sempalan TTP dipersalahkan atas serangan ini (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Soal Kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia, Ini Respons Palestina
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Jalan Tol Serbaraja bakal mendongkrak jalur distribusi daerah penyangga ibu kota Jakarta. (Foto: Kementerian PUPR)
Tol Anak Usaha Sinar Mas Land, Koneksikan Jakarta-Tangerang-Banten
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Hendra Kurniawan Divonis Tiga Tahun Penjara
tulang
Kenali dan Rawat Tulang Belakang Anda dengan Kasur yang Tepat
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
garis polisi
Terjatuh ke Kontainer Limbah, 3 Pekerja di Blok Rokan Tewas
satu 1
Sebelum Nani Wijaya Meninggal Dunia, Cut Keke: Saya Punya Perasaan Nggak Enak

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
21 Maret 2023 - 12:15
Jokowi Resmikan PYCH dan Tanam Jagung di Keerom Papua Didampingi Prabowo

wartapenanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura dan menanam benih jagung di “food estate” atau lumbung pangan di Kabupaten Keerom, Papua.

01
|
21 Maret 2023 - 11:18
Kawah Gunung Karangetang Masih Luncurkan Guguran Lava

wartapenanews.com -  Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Yudia P Tatipang mengatakan, guguran lava masih meluncur dari puncak kawah gunung tersebut. “Sejak erupsi pada 8

02
|
21 Maret 2023 - 10:11
DPR Gelar Rapat Paripurna Perppu Ciptaker Hari Ini

wartapenanews.com - DPR menggelar Rapat Paripurna Ke-19 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (21/3/2023), beragendakan mengambil keputusan beberapa rancangan undang-undang (RUU), seperti Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2

03